7 Cara Cerdik Menentukan Jurusan Kuliah

cara memilih jurusan yang benar

Artikel ini membahas dan membantumu bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kepribadianmu dan baik untuk masa depan.

Beberapa hari ini, banyak sekali yang bertanya kepada Saya baik di Instagram dan twitter sebenarnya bagaimana sih cara kita bisa menentuka jurusan/prodi yang bagus dan sesuai dengan kita serta kedepan juga baik secara karir kehidupan masa depan. 

Ternyata menjawab pertanyaan itu juga susah-susah mudah. Mengapa? karena kadang kita belum membaca apa-apa namun sudah bingung. Hehe. Kecuali, buat kamu yang sudah banyak referensi namun bingung, artikel ini mungkin bisa membantumu banget.

Masalah kedua adalah selama SMA dia jurusan IPA nih, eh ternyata waktu mau kuliah malah kepincut dengan lintas jurusan. Apakah ini baik juga? 

Ini ada beberapa trik dan cara cerdik yang Saya syarankan dalam memilih jurusan.

Kenali Dirimu

Hal paling krusial dan paling mendasar adalah kenalilah dirimu sendiri. Memang susah banget pastinya mengenal diri sendiri, namun ini akan menyelamatkanmu nanti. Kebanyakan siswa kelas 12 kebanyakan ikut-ikutan saja tanpa mempertimbangkan apakah cocok dengan dirinya atau tidak.

personality test untuk menentukan minat

Cara pertama, kamu bisa mencoba cek personalitymu disini : https://www.16personalities.com/personality-types

Cara kedua, dengan menanyakan kedapa orang terdekatmu apa bakat dan apa yang menonjol dari dirimu. Tanya orang tua, saudara, dan temen kelasmu. Pasti dia akan menjawab sesuai apa yang mereka liat.

Pahami Passion

Memahami passion itu adalah hal kedua setelah mengenali diri sendiri. Passion dalam bahasa indonesia disebut juga renjana. Nah, coba gali apa sih potensi yang kamu punyai. Apa saja yang menurutmu kamu bisa dan expert serta kamu sukai

Kenapa sih harus banget “yang kamu sukai”?

Ingatlah bahwa jenjang universitas merupakan jenjang pendidikan tinggi di mana materi pembelajaran yang akan diperoleh bersifat lebih kompleks tidak seperti sewaktu SMA dimana kita selalu diberi terus. 

Ketika kamu kuliah tidak sesuai dengan minat, maka besar kemungkinan kamu akan kehilangan motivasi sehingga mempengaruhi performansi akademik kamu. IPK jelek, performa gak baik, gak bisa mengembangkan diri, dan pastinya bakal menyusahkan diri sendiri, orang tua, dan dosen walimu.

List Jurusan

Buatlah list jurusan yang kira-kira mirip dan kamu sukai. Jangan hanya dilihat dari nama jurusannya saja ya namun lihat sampai kedalam dan sesuaikan dengan passion pastinya. Boleh membuat daftar sampai 20 jurusan, sebanyak-banyaknya.

Cek Mata Kuliah

Mata kuliah yang ditawarkan

Setelah membuat daftar jurusan yang sesuai, cek juga mata kuliah yang diajarkan didalamnya. Disini hal yang krusial karena terkait dengan kecocokanmu dengan mata kuliah yang akan diajarkan. Misalkan kamu gak suka namanya fisika, maka ya bisa tuh coret jurusan-jurusan yang sekiranya pelajaran fisikanya banyak banget

Jangan semuanya dicoret nanti malah bingung lagi, duhh, eehehe.

Prospek Kerja dan Peluang

Sudah mengetahui jurusan apa saja yang sekiranya cocok? banyak gak masalah karena tujuan pada poin ini adalah ingin mempertegas dan mengerucutkan akan pilihan. 

Pastikan kamu juga mencari prospek kerja yang cocok dengan jurusan masing-masing tadi apa saja. Bisa dilihat dari alumni-alumni yang dipajang di website prodi-prodi juga tuh dan jangan mencari informasi secara umum, biasanya kurang update. 

Kedua, Peluang Kerja. Memang sih kadang ada jurusan yang bisa kerja dimana-mana, namun kamu juga harus mengetahui seberapa banyak sih lulusan prodi itu lulus langsung kerja atau lulusannya kerja dimana aja.

Jadi biar seimbang antara banyaknya lowongan dan peluang lolos kerja ya.

Orang Tua dan Keuangan

Walaupun di kampus banyak beasiswa, namun perlu juga nih bertanya kepada orang tua bagaimana tanggapan orang tua tentang jurusan yang akan kamu pilih. Apakah sesuai atau malah ditolak mentah-mentah. Ini perlu diskusi pastinya bagaimana kamu menjelaskan kepada orang tua.

Kedua, masalah ekonomi juga ditanyakan. Ini berkaitan dengan biaya kuliah, uang jajan, uang kos-kosan, dan masih banyak lagi. Apakah orang tua mampu mencukupi atau tidak. 

Tentukan Pilihanmu

Terakhir, tentukan pilihanmu dan jangan suka berubah-ubah ditengah proses memperjuangkannya. Kemudian fokus untuk memperjuangkannya, berdoa, dan selalu berbuat baik.

Baca juga : Syarat Foto LTMPT dan KIP Kuliah

Semoga ketujuh cara diatas bisa membantu meringankanmu dan menyelamatkanmu dengan kata-kata IDEALIS. Boleh idealis namun juga harus memperhatikan 7 hal menentukan jurusan diatas.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.