10 Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

Jika bingung menentukan jurusan kuliah, coba deh lihat 10 jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita di masa depan.
Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Bagi Wanita

Saat memilih jurusan kuliah, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti minat, bakat, peluang kerja, gaji, dan lain-lain. Namun, terkadang ada jurusan-jurusan yang kurang populer atau diminati oleh calon mahasiswa, padahal sebenarnya memiliki prospek yang baik di masa depan, terutama untuk wanita.

Berikut rekomendasi beberapa jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita.

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan yang sering dianggap sebagai jurusan yang sulit, membosankan, dan monoton. Padahal, jurusan ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis dan keuangan. Lulusan akuntansi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti perusahaan, bank, konsultan, auditor, pajak, dan lain-lain.

Selain itu, jurusan ini juga menawarkan gaji yang cukup tinggi dan stabilitas karir yang baik. Wanita yang memiliki kemampuan analitis, teliti, dan disiplin cocok untuk mengambil jurusan ini. Bahkan sejak waktu SMK atau di SMA pun, peminat akuntansi kebanyakan memang wanita, jadi ya sangat relevan deh kalau diminati juga di dunia perkuliahan.

Lebih lengkap terkait prospek kerja, cobab baca bahasan khususnya di Prospek Kerja Jurusan Akuntansi.

2. Jurusan Tata Boga

Jurusan tata boga merupakan jurusan yang berfokus pada ilmu dan seni mengolah makanan. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang hanya cocok untuk wanita yang ingin menjadi ibu rumah tangga atau koki. Padahal, jurusan ini memiliki peluang yang luas di industri kuliner, pariwisata, dan perhotelan. Lulusan tata boga dapat bekerja sebagai chef, manajer restoran, konsultan kuliner, pengusaha makanan, dan lain-lain.

Wanita yang memiliki kreativitas, inovasi, dan passion di bidang kuliner dapat memilih jurusan ini. Namun, perlu diketahui juga banyak peminat jurusan ini malah dari cowok, jadi ya 50% wanita dan 50% laki-laki lah ya. Tidak ada yang dominan.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari berbagai aspek komunikasi, seperti media, jurnalistik, public relations, advertising, broadcasting, dan lain-lain. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak memiliki spesialisasi yang jelas atau hanya bermain-main dengan media sosial. Padahal, jurusan ini memiliki prospek yang cerah di era digital dan informasi.

Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di berbagai sektor, seperti media, pemerintahan, organisasi, bisnis, dan lain-lain. Wanita yang memiliki kemampuan berkomunikasi, menulis, dan berpikir kritis dapat mengambil jurusan ini.

Contohnya, ada pekerjaan seperti media sosial spesialis atau terkait content writer, itu malah kebanyakan adalah wanita sebab bisa dibilang rajin dan juga punya imajinasi yang kuat.

4. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi adalah jurusan yang mempelajari tentang pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasi dalam organisasi. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang hanya untuk laki-laki yang suka dengan komputer dan teknologi. Padahal, jurusan ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas organisasi.

Lulusan sistem informasi dapat bekerja sebagai analis sistem, programmer, database administrator, web developer, dan lain-lain. Wanita yang memiliki ketertarikan, logika, dan keterampilan di bidang teknologi informasi dapat memilih jurusan ini.

5. Jurusan Keguruan (FKIP)

Jurusan keguruan atau fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) adalah jurusan yang mempersiapkan calon guru untuk berbagai jenjang pendidikan, seperti PAUD, SD, SMP, SMA, dan lain-lain.

Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak menarik, tidak bergengsi, atau tidak menguntungkan. Padahal, jurusan ini memiliki kontribusi yang besar dalam mencerdaskan bangsa dan membentuk karakter generasi muda.

Lulusan keguruan dapat bekerja sebagai guru, dosen, kurikulum developer, konselor, dan lain-lain. Wanita yang memiliki dedikasi, empati, dan motivasi dalam mengajar dapat mengambil jurusan ini.

Baca juga: Jurusan PGSD masuk Soshum atau Saintek?

6. Jurusan Psikologi Anak

Jurusan psikologi anak adalah jurusan yang mempelajari tentang perkembangan, perilaku, dan masalah psikologis pada anak-anak. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak banyak diminati karena dianggap sulit, rumit, atau tidak penting.

Padahal, jurusan ini memiliki manfaat yang besar dalam membantu anak-anak yang mengalami gangguan, trauma, atau kesulitan belajar. Lulusan psikologi anak dapat bekerja sebagai psikolog anak, psikoterapis, konsultan pendidikan, peneliti, dan lain-lain.

Wanita yang memiliki kepedulian, kesabaran, dan kelembutan dalam menangani anak-anak dapat memilih jurusan ini.

7. Jurusan Keluarga dan Konsumen

Jurusan keluarga dan konsumen adalah jurusan yang mempelajari tentang hubungan, kesejahteraan, dan perilaku konsumen dalam konteks keluarga dan masyarakat. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak relevan, tidak bermanfaat, atau tidak menantang.

Jurusan ini memiliki aplikasi yang luas di berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, bisnis, dan lain-lain. Lulusan keluarga dan konsumen dapat bekerja sebagai konselor keluarga, pengajar, peneliti, konsultan konsumen, dan lain-lain. Wanita yang memiliki ketertarikan, kepekaan, dan keterampilan sosial dapat mengambil jurusan ini.

Perlu diketahui, jurusan ini hanya ada di IPB, jadi ya pasti akan ada persaingan sengit untuk masuk di jurusan ini. Namun, potensi kerja memang seluas itu yang telah Aku jelasin di atas.

8. Jurusan Administrasi Publik

Jurusan administrasi publik adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan, kebijakan, dan pelayanan publik dalam pemerintahan dan organisasi non-pemerintah. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak menarik, tidak dinamis, atau tidak berkembang.

Lulusan administrasi publik dapat bekerja sebagai pegawai negeri, manajer, konsultan, peneliti, dan lain-lain. Wanita yang memiliki integritas, komitmen, dan kemampuan manajerial dapat memilih jurusan ini.

9. Jurusan Perpustakaan

Seseorang sedang di jurusan perpustakaan

Jurusan perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan, pengembangan, dan pemanfaatan sumber informasi dalam perpustakaan dan pusat informasi. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak populer, tidak modern, atau tidak berguna.

Lulusan perpustakaan dapat bekerja sebagai pustakawan, arsiparis, dokumentalis, informasis, dan lain-lain. Wanita yang memiliki minat, ketelitian, dan keterampilan informasi dapat mengambil jurusan ini.

10. Jurusan Kearsipan

Terkahir, jurusan kearsipan adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan, pengamanan, dan pelayanan arsip dalam organisasi. Jurusan ini sering dianggap sebagai jurusan yang tidak menarik, tidak penting, atau tidak menjanjikan.

Lulusan kearsipan dapat bekerja sebagai arsiparis, dokumentalis, informasis, kurator, dan lain-lain. Wanita yang memiliki ketertarikan, ketelitian, dan keterampilan informasi dapat memilih jurusan ini.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita. Meskipun kurang populer, jurusan-jurusan ini memiliki prospek yang baik di masa depan, terutama untuk wanita yang memiliki kemampuan, minat, dan passion di bidang-bidang tersebut. Jadi, jangan ragu untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan dirimu sendiri, karena setiap jurusan memiliki potensi.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.