3 Level Manajemen dan Tanggung Jawab

Ada tiga tingkatan manajemen, yaitu manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen lini pertama. Berikut penjelasan masing-masing.
Penjelasan Tingkatan Manajemen

Level manajemen merujuk pada struktur hierarki yang menetapkan level kekuasaan dan tanggung jawab dalam manajemen suatu organisasi. Ada tiga tingkatan manajemen, yaitu manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen lini pertama.

1. Top Management

Pertama, ada manajemen puncak yang berada di puncak hierarki. Mereka adalah CEO, CFO, COO, dan posisi eksekutif lainnya.

Tugas utama top manajement ini adalah menetapkan tujuan jangka pendek dan panjang perusahaan, menjadi wajah perusahaan dalam hubungannya dengan para stakeholder, membuat kebijakan, serta mengawasi aktivitas manajer di bawah mereka.

2. Middle Management

Manajemen menengah yang berada di antara manajemen puncak dan manajemen lini pertama. Mereka bertindak sebagai penghubung antara tingkatan atas dan bawah. Kepala departemen dan manajer cabang merupakan contoh dari tingkatan ini.

Tugas mereka termasuk memastikan kegiatan departemen berjalan lancar, menjaga komunikasi yang baik antar tingkatan manajemen, dan mengelola kinerja karyawan.

3. Manajemen Lini Pertama

Terakhir, manajemen lini pertama berada di level terendah dalam hierarki. Mereka adalah manajer di bidang operasional.

Tanggung jawab mereka meliputi menyelesaikan masalah operasional sehari-hari, melaporkan informasi penting ke manajemen menengah, memastikan lingkungan kerja yang kondusif, dan mendukung dalam rekrutmen serta pemeliharaan kualitas dan kuantitas produksi.

Setiap level manajemen memiliki perannya masing-masing dalam menjaga keseimbangan dan jalannya perusahaan secara keseluruhan, memastikan visi dan tujuan tercapai, serta menjaga produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

Baca juga artikel berikut.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.

Manfaat Ilmu Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat biologi tersebar luas di berbagai bidang kehidupan kita, seperti kedokteran, farmasi, teknologi pangan, peternakan, pertanian, lingkungan, dan industri.