Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan TKJ, Pilihan Terbaik Saat Kuliah

Pengen tau lulusan TKJ kuliah jurusan apa? Kalau iya, ada beberapa jurusan yang direkomendasikan untuk lulusan TKJ SMK.
Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan TKJ

Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah salah satu lulusan yang memiliki keterampilan teknis yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Mereka memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi, jaringan komputer, dan pemrograman yang dapat diterapkan di berbagai bidang. Biasanya banyak sekali siswa SMK lulusan TKJ ini yang pengen kuliah tapi bingung mau ambil jurusan kuliah apa.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan TKJ, baik yang masih berkaitan dengan bidang teknik maupun yang berbeda sehingga diharapkan setelah baca konten ini, bisa menentukan jurusan yang paling cocok untuk karirmu nanti ya.

Jurusan yang Masih Berkaitan dengan Bidang Teknik

Apabila kamu masih ingin mengembangkan keterampilan teknismu di bidang teknik, Kamu dapat memilih jurusan yang masih berkaitan dengan bidang teknik. Beberapa jurusan yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut.

1. Jurusan Teknik Informatika

Coding di Jurusan Teknik Informatika
Coding di Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari tentang pemrograman dan pengembangan aplikasi. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan tentang pemrograman lanjutan, basis data, jaringan komputer, dan keamanan informasi.

Lulusan Teknik Informatika dapat bekerja sebagai programmer, developer, analis, atau spesialis keamanan informasi. Jurusan ini cocok untuk yang memiliki ketertarikan, logika, dan kreativitas di bidang pemrograman. Biasanya sih memang banyak banget yang kuliah di jurusan ini sebab yang paling relevan dengan apa yang dipelajari di sekolah SMK.

2. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang sistem informasi dan teknologi informasi yang digunakan untuk mengelola bisnis dan organisasi. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan tentang analisis bisnis, manajemen proyek, pengembangan aplikasi bisnis, dan manajemen sistem informasi.

Lulusan Sistem Informasi dapat bekerja sebagai analis sistem, manajer proyek, konsultan, atau pengelola sistem informasi. Jurusan ini cocok untuk yang memiliki ketertarikan, analitis, dan manajerial di bidang bisnis dan organisasi.

Selain itu, dalam sistem informasi ini fokusnya adalah malah pengelolaan tugas-tugas sehingga ketika lulus bisa menjadi product manager atau bahkan bagian-bagian penting dalam pengembangan sebuah aplikasi, website ataupun bidang bisnis yang lain.

3. Jurusan Kuliah Teknik Telekomunikasi

Jaringan Internet Teknik Telekomunikasi
Jaringan Internet Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi adalah jurusan yang mempelajari tentang jaringan komputer dan komunikasi. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan umum tentang jaringan nirkabel, jaringan seluler, dan jaringan satelit.

Lulusan Teknik Telekomunikasi dapat bekerja sebagai engineer, administrator, atau spesialis keamanan jaringan. Jurusan ini cocok untuk kamu lulusan TKJ yang memiliki ketertarikan, teliti, dan inovatif di bidang jaringan komputer dan komunikasi.

Ini sebenarnya jurusan yang paling relevan bagi lulusan TKJ yang memang memahami masalah jaringan itu sendiri. Makanya, lebih baik kalian juga memperhitungkan ini.

4. Jurusan Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah jurusan yang mempelajari tentang teknologi elektronik dan kelistrikan. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan tentang sirkuit elektronik, sistem kontrol, sistem tenaga listrik, dan sistem mikroprosesor.

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja sebagai engineer, designer, atau developer perangkat elektronik. Kalau masalah cocok dan tidak, emang sedikit jauh ya dengan TKJ, namun kalau memang ada minat, jurusan teknik elektro ini bisa jadi alternatif pilihan terbaik untuk kuliah bagi lulusan TKJ SMK.

5. Jurusan Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah jurusan yang mempelajari tentang teknologi mekanik. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuanmu tentang mekanika, dinamika fluida, teknik manufaktur, dan sistem kontrol.

Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja sebagai engineer, designer, atau produsen mesin dan peralatan mekanik. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan, logika, dan keterampilan teknis di bidang mekanik.

Jurusan yang Berbeda dari Bidang Teknik

Jika ingin mencoba jurusan yang berbeda dari bidang teknik, Kalian dapat memilih jurusan yang berkaitan dengan desain grafis atau multimedia. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan tentang desain grafis, multimedia, dan animasi.

1. Jurusan Desain Grafis

Desain Grafis adalah jurusan yang mempelajari tentang desain grafis. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan tentang prinsip-prinsip desain, tipografi, ilustrasi, fotografi, dan layout.

Lulusan Desain Grafis dapat bekerja sebagai desainer grafis, ilustrator, atau art director. Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki ketertarikan, kreativitas, dan keterampilan visual di bidang desain grafis.

2. Jurusan Multimedia

Multimedia adalah jurusan yang mempelajari tentang multimedia. Jurusan ini akan memperdalam pengetahuan tentang animasi, video editing, dan pengembangan game.

Lulusan Multimedia dapat bekerja sebagai animator, video editor, atau game developer. Jurusan ini cocok untuk kalian yang memiliki ketertarikan, kreativitas, dan keterampilan audiovisual di bidang multimedia.

Itulah beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan TKJ. Kalian dapat memilih jurusan yang masih berkaitan dengan bidang teknik atau yang berbeda dari bidang teknik, tergantung pada minat dan bakatmu. Yang terpenting, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion, karena setiap jurusan memiliki potensi yang baik di masa depan.

Baca juga artikel jurusan kuliah lainnya berikut ini.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.