Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Nilai Rapor

Panduan cara memilih jurusan kuliah berdasarkan nilai rapor kelas 10, 11 dan 12 untuk SNBP dan SNBT. Temukan dengan analisis yang baik.
Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Nilai Rapor

Salah satu biar tidak salah jurusan adalah dengan memilih jurusan yang tepat. Masalahnya, apa indikator yang bisa dijadikan acuan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat itu?

Yaps! Nilai rapor kelas 10, 11 dan 12 kalian!

Jangan abaikan indikator penting ini sebab kaalian bisa menemukan emas yang terkubur dari apa yang sudah kamu capai di setiap semesternya.

1. Lakukan Analisis Nilai Rapor

Pertama-tama, kalian perlu lihat lagi nilai rapor dari kelas 10 sampai 12. Perhatikan mata pelajaran di mana kalian dapet nilai tertinggi dan yang bikin kalian merasa nyaman.

Kalau ada pelajaran yang konsisten kasih nilai bagus, itu bisa jadi tanda kalian punya kemampuan kuat di bidang tersebut. Jadi, catat deh pelajaran-pelajaran itu, karena ini bisa jadi acuan utama dalam memilih jurusan.

Bagaimana cara melihat mana yang naik dan turun? Cobalah untuk menggunakan Ms. Excel untuk melihat track record nilai kalian mulai dari semester 1-5.

Silakan tulis semuanya ya. Nah, kalau sudah coba tulis 3 mata pelajaran yang terus naik dan nilainya tinggi serta 2 mata pelajaran yang nilainya stabil. Nanti kalau udah, lanjut di langkah kedua.

2. Cocokkan dengan Jurusan Kuliah

Setelah kalian tahu pelajaran apa aja yang jadi kekuatan kalian, sekarang saatnya cari tahu jurusan kuliah yang sesuai. Misalnya, kalau nilai Matematika dan Fisika kalian selalu bagus, mungkin jurusan Teknik atau Ilmu Komputer bisa jadi pilihan.

Coba cek juga mata kuliah yang bakal dipelajari di jurusan itu dan bandingkan dengan pelajaran yang kalian sukai dan kuasai. Jadi, kalian bisa lebih yakin dengan pilihan kalian. Inilah yang dibahas dalam artikel sebelumnya, yaitu mengenai riset jurusan kuliah yang benar. Kalau belum baca, bisa baca dulu.

Baca dulu: Riset Jurusan Kuliah (Panduan Lengkap)

Nah, cocokkan dengan benar dan sesuaikan dengan mata pelajaran yang tinggi tadi dengan kebanyakan mata kuliah di jurusan yang sesuai. Jangan sampai, kalian tidak suka biologi dan nilai jelek di rapor tapi milih kedokteran atau fakultas biologi. Kan bundir.

3. Pertimbangkan Minat dan Bakat

Tapi ingat, jangan cuma lihat nilai aja, pikirin juga minat dan bakat kalian. Apakah kalian benar-benar tertarik sama pelajaran yang nilainya tinggi? Tes minat dan bakat bisa bantu memastikan apakah bidang yang kalian pilih sesuai dengan kepribadian dan preferensi kalian. Jadi, kalian nggak cuma jago di pelajaran itu, tapi juga menikmatinya.

4. Diskusi dengan Guru dan BK

Jangan malu untuk ngobrol sama guru atau konselor sekolah. Konsultasi ini penting banget karena mereka bisa kasih pandangan tambahan tentang potensi kalian di bidang tertentu. Kadang, mereka juga bisa ngasih ide jurusan yang mungkin belum kalian pikirkan. Jadi, diskusi ini bisa membuka perspektif baru buat kalian.

5. Riset Jurusan dan Universitas

Lakukan riset tentang jurusan yang sesuai dengan hasil analisis nilai rapor kalian. Cari tahu lebih lanjut tentang prospek karier, kurikulum, dan universitas yang menawarkan jurusan tersebut. Cek juga akreditasi dan reputasi universitas serta program studi yang diminati.

Semakin banyak info yang kalian dapat, semakin yakin kalian dalam mengambil keputusan. Tambah juga informasi dari guru BK kalian, mana kampus yang menerima banyak alumni dari sekolahmu. Biar apa? Peluangnya lolosnya biar besar aja.

6. Pertimbangkan Peluang Karier

Jangan lupa pertimbangkan prospek karier dari jurusan yang kalian pilih. Apakah ada banyak peluang kerja di bidang tersebut? Bagaimana dengan gaji dan perkembangan karier di masa depan? Baca pengalaman alumni atau profesional di bidang tersebut untuk dapet gambaran yang lebih jelas. Kalian pasti pengen jurusan yang bisa bawa kalian ke karier impian, kan?

7. Evaluasi Kembali

Terakhir setelah ngumpulin semua informasi, evaluasi lagi pilihan jurusan kalian. Pertimbangkan apakah jurusan itu benar-benar cocok dan realistis dengan nilai dan kemampuan kalian.

Bikin daftar pro dan kontra untuk setiap pilihan jurusan supaya kalian bisa ambil keputusan yang lebih informasional. Jadi, kalian bisa yakin kalau keputusan yang diambil memang yang terbaik.

Semoga panduan ini bermanfaat ya. Bagikan ini yuk!