Pengertian dan Contoh Permintaan Potensial

Contoh Permintaan Potensial

Ada tiga jenis permintaan dalam ilmu ekonomi, yaitu permintaan absolut, permintaan potensial dan permintaan efektif.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas dua hal penting yaitu mengenai ciri-ciri kurva permintaan dan juga salah satu jenis permintaan, yaitu permintaan efektif. Nah, silakan pahami disana ya termasuk pengertian permintaan itu sendiri supaya memahami pembahasan pada artikel berikut ini.

Apa itu Permintaan Potensial?

Permintaan yang dilakukan oleh konsumen dan juga sudah memiliki daya untuk membeli dalam memenuhi permintaan tersebut tetapi belum terjadi transaksi atau terjadi pembelian.

Sebenarnya konsumen atau pelanggan tersebut memiliki dana dan juga bisa untuk membeli barang atau jasa tersebut. Karena beberapa sebab yang mungkin ada produk subtitusi lainnya membuat tidak terjadi pembelian.

Selain itu, bisa jadi permintaan potensial ini akan berubah di masa yang akan datang menjadi permintaan efektif karena memang sudah membutuhkan mendesak dan memutuskan untuk membeli produk tersebut tadi.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi adanya permintaan oleh konsumen atau pelanggan kita.

  • Harga barang komplementer dan subtitusi
  • Jumlah penduduk
  • Selera konsumen
  • Perkiraan harga di masa depan
  • Kebutuhan mendesak atau tidak
  • Pendapatan

Contoh Permintaan Potensial

Untuk memahami permintaan jenis ini, kita mengambil contoh pembelian motor. Motor sekarang sekarang ini bisa jadi kebutuhan primer yang harus dipunyai untuk bekerja setiap harinya. Sebenarnya ayah bisa membelinya sekarang, namun ternyata selera ayah adalah motor model baru yang baru saja keluar sehingga harganya relatif agak mahal.

Nah, karena ada prediksi biasanya harga motor akan menurun setelah sekitar satu tahun, maka ayah memutuskan untuk menunda membeli dan berencana membeli motor tersebut di masa yang akan datang supaya harganya mulai turun.

Begitulah secara singkat penjelasannya. Semoga penjelasan mengenai pengertian dan contoh permintaan potensial diatas dapat dipahami ya. Banyak materi ekonomi lainnya yang sudah dibahas untuk mendukung tugas, ujian maupun persiapan UTBK.

Kalian bisa mengakses halaman khusus Materi Ekonomi untuk belajar ekonomi secara mendalam dan banyak materi PDF juga.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.

Manfaat Ilmu Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat biologi tersebar luas di berbagai bidang kehidupan kita, seperti kedokteran, farmasi, teknologi pangan, peternakan, pertanian, lingkungan, dan industri.