Siswa MA dan SMK Swasta, Apakah Bisa Ikut SNBP?

Artikel ini membahas lengkap tentang aturan apakah Siswa MA dan SMK bisa ikut SNBP yang diselenggarakan oleh SNPMB? Apalagi SMK Swasta?
Apakah MA SMK Swasta bisa Ikut SNBP

Artikel ini membahas lengkap tentang aturan apakah Siswa MA dan SMK bisa ikut SNBP yang diselenggarakan oleh SNPMB? 

Akhir-akhir ini banyak sekali ya yang menanyakan tentang siapa saja sih bisa ikutan dan daftar seleksi masuk perguruan tinggi menggunakan nilai rapor ini, atau yang disebut dengan SNBP.

Bahkan ada yang bilang, anak SMK gak bisa ikut SNBP dan anak MA hanya bisa ikut seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan islam (PTKIN). Oleh karena itu, saya mau bahas lengkap tentang masalah ini ya supaya tidak menjadi perdebatan.

Apa itu SNBP

Sebelum kita membahas lebih jauh, harus tau dulu pengertian SNBP ya. Apa sih SNBP itu sebenarnya? Jadi, SNBP adalah seleksi masuk kampus (perguruan tinggi) yang penilaiannya berdasarkan nilai rapor semester 1 – 5 dan didukung dengan prestasi akademik/non-akademik.

Siapa Peserta SNBP

Siapa saja yang bisa mengikuti SNBP ini? Yups, jadi yang bisa mengikuti SNBP adalah hanya siswa SMA/SMK/MA sederajat kelas 12 yang eligible. Jadi, buat yang sudah lulus gak bisa ikut ya.

Apa itu eligible? Jadi, siswa eligible ada siswa yang terbaik selama semester 1-5 yang ditentukan oleh sekolahan siapa sajanya sebanyak kuota yang tersedia. Untuk sekolah dengan akreditasi A, mendapatkan kuota sebesar 40 persen. Sekolah dengan akreditasi B mendapat 20 persen, dan akreditasi C atau belum terakreditasi mendapat kuota 5 persen.

Apakah Siswa SMK Bisa Ikut SNBP?

Jawabannya sudah sangat jelas ya. Sesuai dengan pengertian Peserta SNBP, dikatakan bahwa siswa yang boleh daftar adalah siswa kelas 12 dari lulusan SMA, MA, SMK sederajat. Jadi, anak SMK juga bisa daftar nih.

Begitupun untuk siswa dari lulusan MA juga bisa daftar SNBP ya.

Pilihan Program Studi

Alhamdulillah, jadi semuanya bisa daftar ya asalkan eligible dulu. Kalau gak masuk dalam kategori eligible ya tidak bisa daftar SNBP. Bagi kamu siswa SMK yang sudah eligible, ada yang perlu diperhatikan terkait pilihan program studi ya.

Berbeda dengan siswa SMA yang bisa lebih banyak pilihan prodinya, siswa SMK lebih terbatas pilihan program studinya karena harus linier dengan jurusan sewaktu SMK. Hal ini dijelaskan pada panduan pendaftaran SNBP seperti pada gambar dibawah ini.

pilihan program studi siswa SMK

Baca baik-baik yang diberi garis bawah merah

Jadi, di pilihan kampus-kampus umum seperti UGM, UI, Undip, dll yang sifatnya unversitas bakal lebih sedikit pilihannya untuk siswa SMK.

SMK – Politeknik

Namun, santai saja karena mulai tahun ini politeknik negeri di Indonesia sudah masuk dalam SNBP sehingga memberikan peluang yang sangat besar kepada para siswa SMK. Bagi siswa yang memilih Politeknik di SNBP akan memiliki prioritas lolos SNMPTN lebih besar daripada siswa SMA.

Nah, semoga penjelasan diatas dapat dipahami dan menjawab pertanyaan kalian tentang apakah siswa SMK bisa ikut SNBP atau tidak.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.