UKM Mahasiswa

Pengertian UKM Mahasiswa

Apa itu UKM Mahasiswa?

UKM singkatan dari Unit Kreativitas Mahasiswa sebagai tempat aktivitas kemahasiswaan luar kelas (ektrakulikuler di dunia kuliah) untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian diluar akademik.

Contoh UKM Mahasiswa

Untuk contoh Unit Kreativitas Mahasiswa sendiri, setiap kampus memiliki Unit Kreativitas Mahasiswa yang berbeda-beda ya. Kadang ada di sebuah kampus tetapi juga gak ada di kampus lain. Secara umum, contoh UKM ada 2 jenis.

1. UKM Penalaran

Unit Kreativitas Mahasiswa ini biasanya berisi mahasiswa yang ingin lomba-lomba dibidang akademik ataupun ingin mengembangkan diri untuk mengkaji sebuah masalah yang sedang ada. Contoh UKM penalaran antara lain: UKM Penalaran, UKM Penelitian, UKM Cendekia, UKM Pers Mahasiswa, dan lain sebagainya.

2. UKM Olaharga

Jenis kedua, adalah UKM olahraga yang pastinya berisi olahraga-olahraga secara umum ya. Contoh, futsal, voli, karate, ping pong bahkan sampai berkuda lho. Kalian tau? banyak sekali yang ikut PON atau Sea Games malah dari mahasiswa yang ikut UKM ini.

3. UKM Keagamaan

UKM ini contohnya banyak, seperti ROHIS, Tim Hadroh, dan sebagainya bahkan ada lomba nasional untuk ini yang namanya MTQ-MN

4. UKM Seni

Suka dengan seni seperti tarik suara, menari, musik dan seni lainnya? Bisa banget disini gabung dan tukar ilmu. Karawitan ada juga.

5. UKM Kewirausahaan/Kesejahteraan

Ini nih yang menghasilkan banyak duit di kampus. Ya emang sih gak banyak, cuma pasti ada kok setiap kampus yang menampung mahasiswa yang suka wirausaha atau bisnis.

Nah, gimana nih? sudah tau kan UKM dan pastikan kamu pilih ya. Dunia kerja tak mencari betapa pintarnya dirimu tapi juga lebih ke bagaimana kamu manajemen waktu antara hard skill, softskill dan juga hobi.

Pahami juga arti kosa kata perkuliahan lainnya hanya di Kamus Kuliah

Facebook
Twitter
WhatsApp