Dokumen dan Berkas yang Dibawa Saat UTBK SNBT 2024

Berkas yang dibawa saat UTBK SNBT 2024 dan tidak boleh ketinggalan atau salah format. Jadi, pastikan sudah membaca artikel ini.
berkas yang dibawa saat UTBK

Artikel ini membahas pertanyaan peserta UTBK yang menyangkut berkas saat tes UTBK, apakah membawa ijazah, SKL, KTP dan lain sebagainya. Nah, pastikan sebelum menyiapkan berkasnya kalian tau kapan ujiannya ya. Kalau tidak mengetahui ya nanti akan percuma dan telat malah tidak bisa ikut ujian UTBK.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah masalah pakaian saat tes UTBK. Untuk masalah ini, kalian bisa baca pada artikel: Ketentuan Pakaian Saat UTBK

Berkas Saat Tes UTBK

Berikut ini beberapa berkas yang harus dibawa dan dikenakan saat UTBK SBMPTN ya.

1. Masker

Pertama adalah masker. Walaupun sudah tidak ada lagi Covid-19, di kartu ujian kalian disuruh untuk membawa kan. Bawa saja maskernya, entah nanti dipakai atau tidak waktu ujian itu urusan nanti.

2. Surat Keterangan Aktif atau Ijazah

a. Surat Keterangan Aktif Kelas 12

Bagi kelas 12 atau lulusan 2024, maka saat tes UTBK nanti diharapkan membawa SKL. Apabila SKL belum keluar, maka silakan memakai surat keterangan aktif (SKA) kelas 12 dari sekolah.

Bagaimana aturan dari surat keterangan aktif kelas 12 yang benar? Silakan cek di Surat Keterangan Kelas 12 untuk UTBK-SNBT.

b. Ijazah

Bagi lulusan 2023 dan 2022, untuk bisa mengikuti tes UTBK wajib membawa ijazah sebagai bukti keaslian data dari peserta. Silakan bawa yang asli atau ijazah FC yang dilegalisir boleh. Kalau membawa Ijazah Asli, silakan dijaga baik-baik dan jangan sampai hilang ya.

Apakah boleh pakai SKL untuk alumni? Tidak bisa! Wajib memakai ijazah asli ATAU Fotocopy Ijazah yang dilegalisir.

3. Kartu Identitas

Nah, bagi yagmenanyakan apakah membawa KTP atau tidak, maka jawabannya adalah harus membawa. Tidak harus KTP tetapi surat identitas diri ya, seperti: KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar atau yang lainnya yang identitas diri.

4. Kartu Peserta UTBK SNBT

Berkas terakhir yang harus dibawa kartu peserta UTBK. Mengapa? Karena data-data penting ada di kartu tersebut dan nanti akan dicek sebelum masuk ruangan.

5. Alat Tulis

Bawa juga alat tulis seperti polpen, pensil, penghapus dan rautan ya. Kalau untuk kertas coretan sudah disediakan oleh panitia SNPMB kok.

Semoga penjelasan yang singkat diatas dapat dipahami ya. Apabila masih ada yang ditanyakan silakan langsung komentar saja.

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!