Kisi-Kisi dan Materi SNBT 2024 [Resmi & Lengkap]

Jika kamu kelas 12, gapyear dan semi gapyear, yuk baca baik-baik dan catat ya persebaran materi SNBT untuk persiapan SNBT 2024 nanti.
Persebaran Materi SNBT

Sudah siap untuk pertempuran dengan SNBT 2024? Jika kamu kelas 12, gapyear dan semi gapyear, yuk baca baik-baik dan catat ya untuk persiapan SNBT 2024 nanti. Beberapa materi dasar dan utama ini harus kamu pelajari sampai diluar kepala.

Informasi Terbaru Materi SNBT 2024

Menurut laman resmi SNPMB, tahun 2024 tidak ada lagi TKA ya. Jadi, materi SNBT 2024, yaitu TPS, Literasi Bahasa Inggris, Literasi Bahasa Indonesia dan Penalaran Matermatika. Berikut penjelasannya.

Nah, kalau udah tau baru deh cek persebaran materi SNBT 2024 nanti ya.

Penalaran Umum UTBK 2024

  • Menentukan argumen yg tepat.
  • Menarik kesimpulan.
  • Logika matematika.
  • Pola (angka, gambar & huruf).
  • Membandingkan nilai operasi.
  • Perbandingan senilai/berbalik nilai.
  • Persamaan sederhana
  • Matematika sosial
  • KPK/FPB

Oh iya, kalo kalian emang kebingungan ya terkait tipe soal-soalnya seperti apa dan apa saja yang kira-kira dipelajari, aku saranin untuk mencoba soal-soal dasar yang sudah mincak susun ini.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Kalau sekarang, namanya adalah Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (KMBM UTBK). Intinya tetap sama ya.

  • Kalimat Efektif
  • Kalimat Inti
  • Kata Sambung
  • Kata Ganti Orang
  • Kata Ganti Petunjuk
  • Konjungsi dan Imbuhan
  • Kalimat Tidak Padu
  • Kohensi dan Koherensi
  • Penggunaan Kata
  • Hukum KPST
  • Kata rujukan
  • Teknik mengutip
  • Penulisan daftar pustaka, surat dan lainnya.
  • Penulisan kata yang salah
  • Mengisi kalimat rumpang
  • Penggunakan kalimat yang tepat

Kalo emang bingung ya saking banyaknya materi, kamu bisa banget mulai dari materi-materi dasar ini.

Materi akan selalu di update sampai lengkap ya. Sementara, baru ada 22 materi dasar yang tersedia ya. Akan diupdate di deskripsi.

Literasi bahasa Indonesia SNBT

  • PUEBI
  • Ide pokok
  • Kata
  • Semantik
  • Frasa
  • Sikap dan tujuan penulis
  • Analisis bacaan dan kepanduan paragraf
  • Kalimat
  • Kesimpulan
  • Pemahaman bacaan

Pengetahuan Kuantitatif dan Penalaran Matematika

  • Operasi bilangan himpunan
  • Koordinat kartesius
  • Persamaan linier
  • Pertidaksamaan linier
  • Fungsi dan Relasi
  • Perbandingan
  • Aritmatika sosial
  • Aturan pencacahan & peluang
  • Statistika Dasar
  • Pendahuluan triogonometri
  • Geometri
  • Penarikan kesimpulan
  • Pertidaksamaan kuadarat
  • Fungsi dan persamaan kuadrat
  • Pangkat sederhana
  • Kecepatan dan debit
  • Matriks 2×2
  • Transformasi geometri dasar
  • Limit fungsi aljabar
  • Pendahuluan turunan fungsi aljabar
  • Integral tak tentu
  • Pendahuluan integral tentu
  • Pola bilangan dan huruf

Jadi, sebenarnya keduanya sama dan hampir mirip. Bedanya, kalau untuk PK lebih ke penggunaan rumus langsung. Kalau PM, itu lebih ke memahami maksud soal yang lebih sulit karena dikemas dalam soal cerita dan kamu diharapkan bisa memilih mau menggunakan rumus apa untuk menyelesaikan soal tersebut. Versi sulitnya dari PK.

Nah, untuk melatih PK aku saranin sih belajar dari dasar dulu. Dari soal-soal dasar dan fundamental sehingga ga rugi juga nanti kalau misal mau masuk ke soal-soal PM. Konsep udah diluar kepala.

Project SOAL-SOAL PK UTBK dari UTBKCAK ini merupakan inisasi dari kami untuk membantu kalian dalam hal memulai belajar PK.

Literasi Bahasa Inggris

  • Semantics
  • Cohesion & coherence
  • Main idea & topic
  • Reference
  • Author`s attitude and writing organisation
  • Stated-unstated question
  • Finding detailed informartion
  • Purpose of the text
  • Inference & conslusion
  • Paraphrase
  • Summary

Potensi Kognitif

  • Pernyataan dalam teks
  • Pembacaan grafik/tabel
  • Penalaran teks
  • Penalaran kuantiatif

Udah iitu aja. Banyak? Iya. Tapi, asalkan kamu mau mencicil sedikit-demi sedikit, dijamin proses tidak akan menghianati hasil kok. Konsistensi penting untuk ingatan jangka panjangmu ya. Semoga artikel tentang SNBT ini bermanfaat.

Artikel Penting Lainnya

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

22 Tanggapan

  1. Makasih kak, minta doanya Nama saya M. Pradana Setyawan [email protected] semoga bisa tembus Kedokteran di UNAIR kak, minta doanya semua nya yang baca ini, inshaAllah kalian yang baca ku doakan juga masuk PTN impian, aminn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.

perbedaan snbp dan snbt 2023

8 Perbedaan SNBP dan SNBT 2024 [Terlengkap]

Seleksi masuk PTN tahun 2023 ternyata beda lagi. Ada yang disebut SNBP dan SNBT. Apa itu? Yuk simak perbedaan SNBP dan SNBT berikut ini. Pastinya, hal ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang berkeinginan untuk bisa kuliah tahun ini di PTN tanpa jalur mandiri.