3 Dampak Negatif Letak Geologis Indonesia

Lingkaran Api Pasifik

Keberadaan Indonesia sangat unik, apalagi di geologisnya. Berikut 3 dampak negatif letak geologis indonesia yang perlu dipahami sehingga masyarakat juga bisa sadar akan bahaya yang akan muncul tiba-tiba dan bagaimana mitigasinya.

Dimana Letak Geologis Indonesia?

Letak geologis Indonesia, yaitu berada di titik pertemuan dari tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.

Apa Dampak Negatif Bagi Indonesia?

Ada beberapa dampak negatif yang muncul akibat adanya letak geologis indonesia yang terletak diantara 3 lempeng tektonik ini.

1. Banyak Terjadi Gempa Bumi

Dampak pertama, yaitu akan sering terjadi gempa bumi. Di Indonesia sendiri seperti sudah biasa ya mendengar seringnya terjadi gempa bumi. Hal ini diakibatkan letak Indonesia itu sendiri yang berada di pertemuan 3 lempeng tektonik.

Artinya, ketika terjadi tumbukan, gesekan atau peregangan lempeng-lempeng tektonik ini, mengakibatkan gempa yang besar di kawasan Indonesia. Dampak buruknya, pasi akan menimbulkan kerusakan jalan, rumah, fasilitas umum dan bahkan bisa merenggut nyawa manusia.

2. Sering Terjadi Tsunami

Kedua, sering terjadi tsunami di pesisir pantai. Menurut National Geographic, gelombang tsunami dapat terjadi jika secara alami terjadi gempa bumi besar di bawah laut, yang pusatnya terletak di batas lempeng tektonik.

Jadi, karena adanya 3 lempeng tektonik tersebut mengakibatkan sering terjadi gempa di bawah laut. Bahkan walaupun jauh sekali dengan daratan bisa sangat bahaya jika terjadi gempa, sebab bisa mengakibatkan ombak yang sangat besar tiba-tiba.

3. Barisan Gunung Berapi

Indonesia sering disebut dengan Lingkaran Api Pasifik. Artinya, banyak gunung berapi aktif sampai sekarang dan bisa saja meletus kapan saja.

Lingkaran Api Pasifik
Lingkaran Api Pasifik

Apa sih dampak negatif jika sering terjadi gunung meletus? Pastinya kerugian secara finansial sangat besar. Selain itu, berikut beberapa kerugian yang bisa dialami.

  1. Gangguan Pernafasan dan penglihatan
  2.  Pencemaran sumber air bersih
  3. Menyebabkan badai listrik
  4.  Mengganggu kerja mesin dan kendaraan bermotor
  5.  Merusak atap rumah dan ladang
  6.  Mengubah infrastuktur
  7.  Kebakaran hutan dan lahan
  8.  Korban jiwa akibat aliran lava, awan panas, banjir lahar
  9.  Jatuhan pasir dan batu

Itulah pembahasan lengkap mengenai dampak negatif letak geologis indonesia dan semoga bermanfaat ya untuk salah satu Materi Geografi ini. Yuk, pelajari materi geografi lainnya di Geografi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mencari Konten Terbaru Kami?

Dapatkan artikel terbaru kami dengan isi emailmu di sini.

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.