7 Sertifikat yang Bisa Dilampirkan di SNBP 2024

 Artikel ini membahas lengkap sertifikat yang bisa digunakan dan tidak bisa dilampirkan untuk SNBP 2024
Sertifikat yang Bisa Dilampirkan di SNBP

SNBP merupakan seleksi yang diselenggarakan oleh SNPMB dengan memberikan kesempatan bagi siswa kelas 12 SMA/MA/SMK sederajat dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik/non-akademik.

Nah, kalau masalah nilai rapor sih sudah tidak ada yang dibingungkan lagi ya. Berikut ini, Saya akan bahas sertifikat apa saja yang bisa digunakan untuk mendaftar dan dilampirkan di SNBP supaya potensi lolos semakin besar.

Sertifikat untuk SNBP

Sertifikat yang bisa digunakan untuk SNBP itu adalah sertifikat yang bersifat kompetisi/perlombaan Jadi, apabila cuma sertifikat tanah, ya di gadein aja hehe.

Tingkatan Sertifikat

tingkatan sertifikat untuk SNMPTN

Sebelum membahas sertifikat apa saja yang bisa, kita bahas dulu sebenarnya tingkatans sertifikat yang bisa digunakan itu yang gimana sih? Ternyata, ada 5 tingkatan, antara lain sebagai berikut.

  1. Internasional
  2. Nasional
  3. Propinsi
  4. Kabupaten/Kota
  5. Sekolah

Catatan : Khusus untuk tingkat sekolah disini adalah untuk pengurus organisasi ya, bukan juara kelas

Sertifikat untuk SNBP

Berikut ini, akan bahas langsung sertifikat apa saja yang bisa digunakan dan dilampirkan untuk menunang kelolosan SNBP.

1. Sertifikat Olahraga

Sertifikat olahraga ini seperti kejuaraan lomba dalam bidang olahraga. Pada umumnya dan banyak dikenal seperti O2SN, Lari maraton, juara lomba silat, lomba catur, dan lainnya. Semoga mudah dipahami ya. Biasanya sih, minimal adalah tingkat kabupaten/kota.

Pastikan mengisikan sertifikat yang juara ya, jangan peserta.

2. Seni Rupa/Lukis

Perlombaan ini banyak kok seperti mural, sayembara desain logo, lomba desain poster/infografis, bahkan sekarang sudah banyak juga yang menyelenggarakan lomba videografi. Jadi, apabila kamu menjadi juara atau seminfinalis bisa tuh diunggah.

Selain itu, disini kamu juga bisa upload sertifikat paten atau hak cipta kalau kamu pernah membuat karya.

3. Drama/Sastra/Seni Suara/Musik

Ingat, prestasi disini ga hanya tentang akademik saja ya. Jadi, banyak banget yang non-akademik juga. Salah satunya seperti ini. Kamu pernah pagelaran drama tingkat nasional, atau pernah memenangkan lomba puisi, cerpen dan lainnya. Bisa banget tuh diunggah ya.

Kedua, suara dan musik. Lomba tarik suara dan musik banyak banget diadakan. Jadi, bisa juga diupload ya. 

Catatan : pastikan penyelenggara lomba terkenal dan mudah dicari di internet.

4. OSIS/Pramuka/Organisasi Ekstrakulikuler

Kamu sering aktif di organisasi intra dan ekstra di sekolah? dan pastinya kamu memegang peranan penting disana? yuk upload saja ya.

Hal yang perlu jadi catatan adalah kamu harus memegang jabatan penting (bukan hanya anggota). Misalkan seperti ketua OSIS, Sekbid Keagamaan, Bendahara KIR, Bendahara Pramuka, dan lainnya.

Kedua, pastikan kamu meminta sertifikat itu kepada sekolah dan atas tanda tangan kepala sekolah/wakil kepala sekolah. Siapkan mulai dari sekarang mumpung masih jauh-jauh hari.

5. Penelitian

Pernah ikut lomba LKTI atau lomba esai dan artikel ilmiah? masukkan disini. Karena itu termasuk kepada penelitian ya. Biasanya sih lomba-lomba penelitian ini banyak diselenggarakan oleh kampus-kampus ya. 

Pastikan bukan hanya peserta.

6. Olimpiade Akademik

Olimpiade akademik ini biasanya sudah sangat dikenal sih ya. Contoh paling kelihatan adalah OSN, atau olimpiade kimia di ITB (Oktan), dan sebagainya. Nah, ini sih gak perlu dipertanyakan lagi ya karena udah jelas.

7. Olimpiade Lainnya

Olimpiade lainnya ini untuk mewadahi lomba-lomba akademik yang tidak tertampung di poin 6. Contohnya adalah lomba debat, lomba cerdas cermat, atau olimpiade lainnya yang banyak diselenggarakan oleh prodi-prodi di kampus.

Sertifikat yang Tidak Bisa Digunakan

Setelah mengetahui sertifikat yang bisa digunakan, kali ini kita akan bahas tentang yang tidak bisa dilampirkan di SNBP. Catatan untuk memahami ini adalah sertifikat yang bisa digunakan yaitu yang sifatnya KOMPETISI. Dengan membaca kata ini semoga bisa dipahami ya. Berikut daftarnya.

  1. Sertifikat Seminat.
  2. e-sertifkat webinar.
  3. Sertifikat pelatihan.
  4. Sertifikat anggota OSIS/Ekstra kulikuler.
  5. Sertifikat peserta lomba.
  6. Sertifikat juara kelas/ranking paralel sekolah
  7. Sertifikat Magang (ditahun 2023 ini tidak bisa ya)

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas semoga bermanfaat tentang  sertifikat yang bisa digunakan dan tidak bisa dilampirkan di SNBP. Baca juga: Apakah Sertifikat Peserta Bisa untuk SNBP?

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.