Apakah Peserta UTBK Wajib Sudah Vaksin

peserta utbk tidak wajib vaksin

Apakah peserta utbk wajib vaksin? Untuk kalian yang sedang mencari jawaban dari persoalan vaksin untuk peserta UTBK, silakan baca baik-baik artikel singkat berikut ini ya.

Pada tahun 2020 dan 2021 kemarin, peserta yang ingin tes UTBK diwajibkan untuk melakukan tes SWAB ataupun tes ANTIGEN karena memang kondisi Covid-19 yang sedang ramai dan memuncak. Namun, bagaimana dengan aturan di tahun 2022 ini dengan adanya penurunan kasus Covid-19? Yuk kita bahas.

Pelaksanaan Tes UTBK 2022

Pelaksanaan tes UTBK tahun ini dilaksanakan sebanyak dua gelombang, yaitu gelombang pertama pada tanggal 17 – 23 Mei 2022 dan untuk gelombang kedua pada tanggal 28 Mei – 03 Juni 2022.

Pastikan kosongkan waktu untuk persiapan dan jaga kesehatan selama waktu-waktu menjelang tes UTBK nanti.

Berkas yang Harus Dibawa Peserta

Kedua, peserta yang akan melakukan tes UTBK diwajibkan untuk membawa berkas-berkas penting sebagai syarat untuk mengikuti ujian tersebut. Berkas ini wajib dibawa sebab sebagai syarat supaya bisa masuk ruangan ya. Silakan baca pada artikel khususnya di: Berkas yang Dibawa Saat UTBK

Ketentuan Vaksin bagi Peserta

Banyak sekali yang bertanya tentang “Apakah Peserta UTBK Wajib Vaksin?”, sebab memang tidak ada peraturan yang mengaturnya. Nah, kemudian ada yang bertanya langsung kepada panitia LTMPT melalui Halo LTMPT. Berikut ini jawaban dari panitia.

vaksin bagi peserta utbk
vaksin bagi peserta utbk

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa, peserta harus vaksin ataupun tidak itu tergantung kebijakan masing-masing pusat UTBK. Jadi, silakan untuk menghubungi pusat UTBK masing-masing.

Contoh

Pusat UTBK IPB

Dilansir dari website resmi pusat UTBK IPB, berikut ini syarat yang harus dilakukan peserta terkait vaksin/tes antigen/tes SWAB.

  1. Peserta wajib menginstall aplikasi peduli lindungi di smartphone masing-masing
  2. Bagi peserta yang sudah vaksin lengkap (vaksin 1 dan vaksin 2) dan booster, tidak perlu melampirkan hasil Swab Antigen/PCR
  3. Bagi peserta yang sudah vaksin lengkap (vaksin 1 dan vaksin 2) dan belum booster, wajib melampirkan hasil Swab Antigen (berlaku 1×24 jam)
  4. Bagi peserta yang sudah vaksin pertama wajib melampirkan hasil PCR (berlaku 3×24 jam)
  5. Bagi peserta yang sama sekali belum vaksin, wajib melampirkan hasil PCR (berlaku 3×24 jam) dan surat dokter dari RS pemerintah yg menuliskan alasan tidak divaksin
    *catatan: IPB tidak melayani test Antigen dan PCR

Daftar kontak, nomor telepon ataupun email pusat UTBK bisa kalian lihat pada laman khusus di LTMPT, yaitu di Daftar Pusat UTBK LTMPT. Semoga jawaban membantu kalian dan tidak lagi merisaukan masalah berikut ya. Sukses ujiannya dan semoga lolos.

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!