4 Tahap Cara Belajar Paling Efektif

cara belajar efektif untuk ujian

Loh, belum apa-apa ada empat tahapan? emang apa aja sih 4 tahapan cara belajar yang efektif khususnya buat mempersiapkan UTBK, Seleksi Masuk Kampus dan pastinya ujian-ujian yang diadakan di sekolah. Yuk, simak baik-baik ya penjelasan berikut ini.

Do (Lakukan)

Hal pertam yang harus kamu lakukan adalah ya melakukan, karena arti dari “Do” sendiri ya melakukan, hehe. (Omong apaan sih ini aku).

Maksudnya apaan?

Maksudnya adalah lakukan seperti biasa cara belajarmu setiap hari baik di sekolah maupun di rumah ya. Cuma, biasanya sih banyak dipraktikkan di rumah karena suasana lebih kondusif serta bisa mengatur diri dalam belajar ya.

Nah, belajar secara biasa disini misalkan seperti membaca materi, memberikan warna khusus pada hal-hal penting, mencatat hal atau poin penting saja, terakhir adalah dengan menguji diri mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

Gak mungkin dong kamu bisa mengerjakan soal-soal tanpa belajar atau minimal membaca dulu?

Nah, mulailah dengan mempelajari mata pelajaran yang paling kamu sukai sekaligus materi yang paling kamu pahami. Dilanjutkan secara menyuluruh untuk semua materi.

Review (Mengulas)

Maksud dari review ini adalah supaya bisa menilai diri sendiri atas proses yang telah dilakukan pada tahap “DO” tadi.

Contohnya, kamu sering kan membeli sebuah produk barang di marketplace. Sebelum membeli produk ataupun buku biasanya mesti mencari dan membaca-baca review yang dilakukan orang lain yang sudah menggunakan produk tersebut.

Oh produk ini bagus, beli ah.

Masa iya mau membeli produk dengan review yang gak bagus? kan takut juga kalo jelek kan.

Nah, begitulah sistemnya. Bedanya, untuk review disini kita mengulas proses diri sendiri. Nanti tujuannya untuk mengetahui apa sih kurangnya dari diri kita sendiri. Bagaimana cara mengulas?

Mulai dengan menilai hasil mengerjakan soal-soal setelah belajar. Misalkan, ada 50 soal yang dikerjakan untuk materi persamaan kuadrat. Dari materi tersebut berapa yang benar dan bagian apa yang paling sering salah?

Jumlah SoalJumlah benarPersentase Benar
503570%

Nah, dari tabel diatas secara sederhana dapat disimpulkan bahwa untuk materi persamaan kuadrat hanya memahami sebanyak 70%. Pasti, ada 30 persen soal-soal yang tipenya mirip sehingga salah dalam mengerjakan soal.

Learn (Belajar)

Lanjut proses ketiga, tinggal diasah deh itu 30% yang kurang. Ingat, belajar ga hanya membaca buku saja. Bisa tuh dengan menonton video di youtube, bertanya teman, atau nanya guru (tapi paling juga jarang ya nanya guru ehe).

Misalnya, dari persamaan kuadrat yang kurang adalah cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat baru. Nah, asah ya. Jangan malu untuk belajar.

Apply (terapkan)

Cara terakhir, terapkan proses ini secara berulang dan juga untuk materi-materi lainnya. Dengan begitu, belajarmu akan lebih efektif.

Waktumu akan lebih berharga karena bisa memahami materi yang sulit bagimu dan materi yang sudah bisa tinggal diasah secara berkala saja. Gak hanya paham 70% kamu bisa paham 99% untuk satu bab bahkan satu mata pelajaran lho.

Khusus buat ujian, pastikan kamu sering-sering memahami konsep dari dari sebuah teori dan sering-sering latihan soal yang berbeda. Tujuannya, biar tidak kaget ketika soal diubah sedikit. Banyak referensi soal maka akan lebih mudah menyelesaiknnya.

Oke, itu saja yang bisa aku bagikan tentang tips cara belajar efektif diatas semoga bermanfaat. Hal penting yang memastikan bisa tidaknya adalah adanya kemauan dan dijalani. Kalau diangan-angan nanti hanya jadi mimpi terus.

Baca Artikel Terkait:

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!