Cara Menghitung Nilai Rapor untuk SNMPTN [Panduan Lengkap]

nilai rapor untuk snmptn

Syarat mengikuti SNMPTN adalah siswa yang bersangkutan harus masuk sebagai siswa eligible. Nah, syaratnya adalah nilai rapor baik dan masuk dalam perankingan oleh sekolah. Bagaimana cara menghitungnya? Kali ini, Aku akan bagikan cara menghitung nilai rapor untuk SNMPTN yang pastinya mudah untuk dipahami.

Apa itu SNMPTN?

Sebelumnya untuk Kamu yang baru banget masuk kelas 12 dan baru mengenal yang namanya SNMPTN, akan kebingungan kan apa maksud dan artinya? Yuk kita kenalan dahulu ya.

Jadi, SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang resmi dilakukan oleh negara di bawah panitia LTMPT dan diikuti oleh semua perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan syarat penilaian adalah nilai rapor beserta prestasi akademik (jika memiliki).

Jika ingin tau lebih mengenai SNMPTN dan apa bedanya dengan seleksi SBMPTN, silakan baca pada artikel yang telah Aku buat sebelumnya pada 6 Perbedaan SNMPTN dan UTBK SBMPTN.

Nilai yang Digunakan untuk SNMPTN

Nilai yang digunakan untuk SNMPTN adalah nilai rapor semester 1 sampai dengan 6 untuk mata pelajaran tertentu saja, antara lain sebagai berikut.

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

Panduan Cara Menghitung Nilai Rapor untuk SNMPTN

Sebenarnya tidak ada cara khusus lho untuk menghitung nilai rapor untuk SNMPTN. Sebab, dalam SNMPTN yang dilihat bukan hanya rata-rata nilai semester 1 sampai dengan 6 tetapi juga kenaikan nilai masing-masing pelajaran.

Namun, perlu diperhatikan bahwa nilai rata-rata juga sangat penting untuk kebutuhan sekolah dalam menyeleksi siswanya yang berhak masuk siswa eligible sesuai dengan kuota masing-masing sekolah.

Menghitung rata-rata nilai rapor

Kita kasih contoh yaitu untuk satu pelajaran saja ya, yaitu nilai sosiologi sebagai berikut.

SemesterNilai Sosiologi
189
290
386
488
592
Daftar nilai sosiologi untuk SNMPTN siswa

Nah, untuk menghitung rata-rata nilai, yaitu (89+90+86+88+92)/5 = 89. Maka nilai rata-rata untuk sosiologi adalah 89. Nah, ini yang bisa digunakan untuk SNMPTN atau bahkan digunakan untuk seleksi lainnya juga seperti SPAN PTKIN, SNMPN dan juga PBUSMAK UGM.

Terus perankingan yang dilakukan oleh sekolah bagaimana? Itu adalah hak masing-masing sekolah dalam menentukan ranking paralel dari para siswanya. Namun, koridor nilai yang digunakan adalah tetap sesuai dengan acuan dari LTMPT ya.

Prestasi Akademik

Selain nilai rapor, hal yang sangat mempengaruhi lainnya dan sangat besar porsinya adalah prestasi akademik yang relevan dengan jurusan yang dipilih. Apa saja yang bisa digunakan di SNMPTN? Baca pada Sertifikat Prestasi Untuk SNMPTN.

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!