Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi KIP Kuliah [Disertai Video]

Salah satu isian yang ada di KIP Kuliah adalah mengisi keadaan ekonomi. Berikut daftar dokumen pendukung keadaan ekonomi yang bisa dipakai.

Salah satu isian yang ada di KIP Kuliah adalah mengisi keadaan ekonomi. Berikut daftar dokumen pendukung keadaan ekonomi yang bisa dipakai.

Artikel ini bakal pendek ya, jadi silakan perhatikan secara detail dan hati-hati akan dijelaskan satu per satu dokumen yang bisa digunakan untuk syarat mendaftar KIP Kuliah.

Tujuan Dokumen Pendukung ini

Pertama, hal yang wajib diketahui adalah sebenarnya apa sih tujuan dokumen pendukung keadaan ekonomi ini kok diminta di dalam menu isian dalam akun KIP Kuliah?

Jadi, tujuannya adalah supaya pendaftar memang benar-benar orang dari keluarga yang tidak mampu dan divalidasi oleh lembaga terkait yang berwenang.

Biasanya berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, isian ini muncul ketika siswa yang mendaftar Akun KIP kuliah tidak terdaftar di DTKS Kemensos, sehingga data-data ekonomi harus diisi manual oleh peserta yang ingin mendaftar ya.

Dokumen Pendukung yang Bisa Digunakan

Berikut ini ada beberapa dokumen pendukung keadaan ekonomi yang bisa digunakan oleh siswa ya.

1. KIP Pelajar atau PIP

Kartu yang bisa dijadikan dokumen pendukung pertama adalah Kartu Indonesia Pintar atau kadang juga disebut dengan PIP. Nah, KIP pelajar ini biasanya didapatkan oleh siswa kurang mampu sewaktu SMA ya.

Jadi, kartu KIP pelajar bisa digunakan untuk dokumen pendukung. Silakan foto/scan bagian yang ada nama kalian dan data diri kalian di Kartu KIP Pelajar tersebut.

2. KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

Kartu ini merupakan penanda bagi orang yang secara ekonomi kurang mampu yang harus dimiliki calon penerima bansos BPNT/Kartu Sembako. Biasanya setiap bulannya, akan diberikan bantuan oleh pemerintah.

Nah, kartu ini juga bisa digunakan untuk dokumen pendukung dalam pendaftaran KIP Kuliah.

3. KIS (Kartu Indonesia Sehat)

Kartu ini merupakan kartu sebagai identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan yang memperoleh ini memang benar-benar dari keluarga yang tidak mampu.

4. SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu)

Apabila siswa tidak memiliki kartu penunjuk bahwa mereka bukan dari keluarga yang tidak mampun, maka wajib menggunakan yang namanya SKTM.

Nah, SKTM ini wajib apabila tidak memiliki poin 1 – 3 diatas sebagai validasi langsung oleh lembaga yang namanya desa atau kelurahan apabila benar-benar tidak mampu secara ekonomi.

SKTM ini bisa langsung diajukan kepada kepada desa atau kelurahan ya. Format untuk SKTM sendiri masing-masing desa beda. Namun, sebaiknya SKTM ini berisi minimal data berikut harus ada.

  • Nama Orang tua
  • Pekerjaa orang tua
  • Penghasilan per bulan orang tua
  • Nama anak : nama pendaftar KIP Kuliah siapa ya.
  • Keperluan untuk mendaftar KIP Kuliah 2023
  • Menyatakan bahwa benar-benar warga kami yang kekurangan dalam segi ekonomi.

Nah, semoga penjelasan diatas bermanfaat ya dan tidak bingung lagi.

Baca juga : Cara Daftar KIP Kuliah bagi yang tidak punya KIP

Video Penjelasan Dokumen Pendukung Ekonomi

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

8 Tanggapan

  1. kak izin bertanya saya ada kartu kip tetapi saat SMA sudah tidak aktif dan juga ada kks.apakah boleh nnti saat daftar kip kuliah pake kks saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.