Syarat dan Ketentuan Foto SNPMB 2024 dan KIP Kuliah (Update)

Berikut adalah ketentuan dan syarat utama untuk foto SNPMB (SNBT dan SNBP) serta mendaftar KIP Kuliah lengkap contohnya.
Ketentuan Foto SNPMB dan KIP Kuliah (1)

Artikel ini membahas tentang syarat foto KIP Kuliah dan untuk akun SNPMB serta contoh foto SNPMB yang benar serta cara mengubah ukuran foto untuk akun.

SNPMB segera dibuka, salah satu hal yang tidak boleh salah adalah foto akun SNPMB. Jadi perhatikan foto SNPMB yg benar. Pada tulisan ini nanti akan membahas tentang syarat dan ketentuan foto SNPMB yang benar dan juga berlaku untuk foto akun KIP Kuliah (bagi yang mendaftar).

Banyak sekali yang meremehakan hal kecil ini, akan tetapi pengaruhnya besar kepada kelulusan seleksi masuk perguruan tinggi. Mengapa demikian? karena apabila kita mengabaikan hal kecil, bagaimana penyeleksi percaya kalian bisa menyelesaikan hal besar? 

DISIPIN DAN TELITI!

Jadi, untuk itu berikut pahami dengan baik apa saja syarat dan ketentuan untuk foto SNPMB supaya tidak salah apalagi kebesaran setelah di crop di laman SNPMB ya.

Syarat dan Ketentuan Foto SNPMB 2024

Ini update per tanggal 6 Januari 2024 ya.

Ketentua Foto untuk Akun SNPMB - 1

Berikut ini aturan foto SNPMB, perhatikan baik-baik.

  • Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 200px x 300px (± 250 dpi) dan rasio aspek 2:3. 
    Ingat, resolusi 200×300 pixel ini minimal ya. Jika blur bisa pakai 400×600 pixel atau sebagainya (tapi jangan terlalu besar juga)
  • Pasfoto harus berwarna dengan latar belakang polos berwarna apa saja. File pasfoto bertipe JPG/JPEG/PNG. (Sebaiknya JPEG/JPG ya).
  • Ukuran minimal file foto adalah 40 KB. 
  • Ukuran maksimal file foto adalah 100 KB (jika terlalu besar lakukan resize, nanti baca dibawah).
  • Orientasi foto adalah portrait (panjang keatas)
  • Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera. 
  • Kualitas foto harus tajam dan fokus. 
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen. 
  • Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan). 
  • Pakaian yang digunakan resmi dan rapi (pakai pakaian yang berkerah atau paling aman adalah seragam sekolah bisa juga batik).
  • Background atau latar belakang foto direkomendasikan sekali berwarna biru atau merah (jika adanya polos putih juga tidak masalah).
  • Intinya adalah wajah terlihat jelas dan yakin itu adalah foto kalian (bukan orang lain ataupun artis korea ya).
  • Untuk yang pakai kerudung, warna bebas dan sebaiknya putih ya biar terlihat bagus (lebih baik lagi apabila kerudung dimasukkan dalam baju sehingga terlihat kerahnya).

Apabila berkaca mata, sebaiknya dilepas saat foto.

Contoh Foto SNPMB yang Benar

Berikut ini contoh untuk foto yang bisa digunakan untuk akun SNPMB dan KIP Kuliah.

Tanya Jawab Masalah Foto SNPMB

1. Bagaimana jika background foto tidak biru dan merah?

Jawab : background foto SNPMB itu bebas asalkan polos. Akan tetapi, lebih baik lagi apabila berwarna merah atau biru.

2. Apakah resolusi wajb 200×300 pixels?

Jawab : Tidak wajib. Itu resolusi minimal, jadi bisa pakai misalkan 400x600px, dsb. Apabila dirasa foto blur atau tidak jelas, silakan bisa dinaikkan resolusinya tetapi tetap dalam perbandingan 4:6. 

3. Apakah foto SNPMB harus pakai seragam?

Jawab : Tidak wajib. Hal yang penting adalah sopan dan rapi (misal menggunakan baju hem berkerah atau batik). Pastikan wajah tidak terpotong, jelas, dan tidak tertutupi oleh ornamen-ornamen.

4. Bagaimana contoh foto bagi yang berkerudung?

Jawab : Silakan lihat digambar diatas sudah ada contohnya ya. Sebenarnya bebas mau dimasukkan, mau diturunkan, atau mungkin dimasukkan kedalam baju berkerah. Asalakan wajah kalian jelas dan tajam serta memang foto diri kalian (bukan orang lain).

Contoh Foto LTMPT 2021 Berkerudung

Semoga yang berada didalam foto untuk contoh diatas mendapatkan pahala yang banyak karena telah membantu orang lain.

5. Apakah waib berdasi?

Jawab : Tidak wajib. Akan tetapi, apabila menggunakan seragam sebaiknya menggunakan dasi.

6. Bolehkah foto pakai jas almamater sekolah?

Jawab : Silakan asalkan foto rapi dan formal.

7. Mengapa harus pakai foto terbaru?

Jawab : untuk jaga-jaga supaya orang tidak salah mengenalimu (terutama petugas/panitia SNPMB) bisa jadi menurutmu kamu masih seperti yang dulu, padahal bagi orang lain ada hal-hal dari bentuk wajah atau yang lainnya yang berubah. Oke?

Jangan sampai dicurigai karena dikira bukan dirimu saat UTBK, nanti malah tidak bisa ikut ujian lagi dikira JOKI.

8. Boleh pakai filter Instagram?

Jawab : Tolong jangan aneh-aneh ya. Foto saja secara natural ke tukang foto dan sekalian minta untuk diubah ukuran dan latar belakangnya. Kalau ingin lebih hemat, silakan foto menggunakan kamera smartphone kalian versi normal kemudian edit background sendiri (banyak tutorial di youtube).

Pastikan yang ada dalam foto itu adalah dirimu, bukan orang lain.

9. Apa sih pentingnya foto?

Silakan baca beberapa testimoni dibawah ini.

akibat foto LTMPT yang salah

Jadi nanti buat yang SNBP, saat daftar ulang juga akan ada pengecekan. Apalagi untuk yang UTBK, sebelum masuk ruangan juga dicek kesamaan pada foto di kartu peserta, identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar), dan langsung orangnya.

Pengaturan Foto SNPMB

Setelah menyesuaikan ukuran dan ketentuan seperti diatas, nanti saat upload foto di laman SNPMB akan ada pengaturan posisi foto yang tepat seperti pada gambar berikut.

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB

Biasanya, apabila foto resolusinya besar (sampai ribuan pixel maka foto akan terpotong tidak pas dan malah terlalu besar sehingga kadang yang terlihat sebagian saja dari kepala).

Baca juga: Download Materi UTBK Saintek & Soshum

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB dan KIP Kuliah

1. Kunjungi picresize.com

Pertama kali silakan kunjungi laman https://picresize.com/, usahakan memakai PC atau Laptop jangan memakai HP.

2. Upload Foto SNPMB dan KIP Kuliah

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB

Setelah masuk laman utama, silakan klik tanda unggah (upload) seperti yang dilingkari warna kuning diatas dengan foto SNPMB kalian ya. Kemudian klik Continue to edit picture.

3. Atur Pixel

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB 200KB

Jika sudah, langsung gulirkan ke bawah sampai ketemu seperti gambar diatas. Pastikan pilih “Custom Size” dan isilah panjang 200 pixel serta tinggi 300 pixel (ingat ini minimal ya). Kalian bisa atur kok dengan rasio lain supaya tidak buram seperti 400 x 600 pixel.

Gulirkan kebawah lagi dan lanjut langkah 4.

4. Atur Jenis dan Ukuran File

 

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB

Samakan seperti gambar diatas, atur format file “JPG” dan ukuran maksimal 100 KB. (Berdasarkan aturan terbaru SNPMB 2024)

5. Simpan File

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB 300KB

Langkah paling terakhir adalah klik “I’m done” dan simpan file foto SNPMB kalian yang sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada khususnya untuk jenis file, ukuran file, dan resolusi foto.

6. Jika hasil kompres < 80KB

 

Cara Memperkecil Ukuran Foto SNPMB

Nah, apabila ukuran file foto yang kalian unduh terlalu kecil, kalian bisa akali dengan mengubah Quality dan JPG Max File-nya. Silakan dikira-kira ya supaya ukurannya outputnya antara 80-300 KB,

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

41 Tanggapan

  1. Coba lagi ya, sebelum dikompres pastikan untuk file fotonya ukurannya besar. Biasanya apabila awalnya sudah 300-500KB ketika dikompres malah bisa dibawah 80 KB an.

  2. Kak mau nanya, kalo pas ngepasin foto kan ada garis putus2 tu, nah kalo wajahnya ga ngepas tu garis gpp kan? Soalnya saya terlanjur gt. Jarak dagu ke garis putus2 jauh

  3. Kak aku mau nanya, jadi aku gap dan tetap pakai foto yang lama, jadi aku gabikin perubahan fi fotonya karna pas verval masih ada fotonya, jd langsung simpan permanen, tapi pas udah disimpan fotonya jadi blur gitu kak, gimana ya kak? 🙁

  4. Kak jika foto sebelumnya dengan 300*200px 2:3 sebesar 60 kb apa boleh dinaikan resolusi nya sehingga 400*600px 4:6 sebesar 150kb? Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.