Sidata LTMPT SNMPTN: Cara Melihat Daya Tampung 2022

Cara Melihat Daya Tampung di Sidata SNMPTN-min

Panduan lengkap cara melihat daya tampung SNMPTN 2022 di laman Sidata LTMPT SNMPTN dan pastinya dibahas dengan pembahasan cara menghitung keketatan jurusan SNMPTN.

Berikut ini beberapa tahapan singkat untuk kamu yang ingin melihat keketatan jurusan dan daya tampung SNMPTN 2022 secara lengkap.

1. Kunjungi Sidata LTMPT SNMPTN 2022

Langkah pertama yang harus kalian lakukana adalah mengunjungi laman https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sn.php, setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Kunjungi Sidata LTMPT SNMPTN
Kunjungi Sidata LTMPT SNMPTN

2. Memilih PTN

Kedua, pilih salah satu PTN dan politektik yang rencananya akan kamu pilih di SNMPTN 2022 nanti. Klik saja “Lihat Prodi”. Nanti akan ditampilkan informasi lengkap semua jurusan yang ditawarkan oleh kampus tersebut.

Contohnya disini adalah Universitas Malikussaleh

informasi daya tampung setiap jurusan snmptn
informasi daya tampung setiap jurusan snmptn

3. Memilih Jurusan

Dari gambar pada poin 2 diatas sebenarnya sudah bisa diketahui informasi daya tampung SNMPTN 2022 dan juga pendaftar tahun 2021 lalu. Namun, untuk bisa melihat lebih lengkap kalian bisa klik nama jurusannya yang bewarna biru ya.

Contoh studi kasus kali ini adalah “Teknik Sipil”

4. Informasi Lengkap Syarat SMTA dan Keketatan Jurusan

Setelah klik nama jurusannya, akan ditampilkan informasi yang sangat lengkap di bagian kanan (apabila membukanya melalui PC/Laptop. Tampilannya seperti berikut ini.

jumlah pendaftar dan syarat SMTA
jumlah pendaftar dan syarat SMTA

Apa itu syarat SMTA SNMPTN?

Syarat SMTA adalah syarat jurusan di SMA/MA/SMK yang bisa daftar pada program studi yang ditawarkan oleh kampus.

Contoh pada gambar diatas, teknik sipil Universitas Malikussaleh hanya menerima dari siswa jurusan SMA IPA, MA IPA dan SMK jurusan yang dituliskan di atas.

5. Cara Menghitung Keketatan Jurusan

Bagaimana cara menghitung keketatan jurusan SNMPTN? Sebenarnya sudah ada keketatan jurusan yang disediakan oleh website seperti pada gambar di bawah ini pada halaman Sidata LTMPT SNMPTN sudah lengkap ya.

peminat 5 tahun sebelumnya
peminat 5 tahun sebelumnya

Nah, disana ada data persentas (%) dan itu yang disebut dengan keketatan jurusan. Apabila ingin memprediksi keketatan jurusan untuk 2022 kalian bisa menggunakan rumus singkat berikut.

%Keketatan Jurusan = (Daya Tampung 2022/Peminat 2021) * 100%

Nah, bandingkan dengan jurusan-jurusan yang kalian sukai ya di PTN lainnya. Cari yang peluang lolosnya besar bahkan kalau bisa keketatan jurusan diatas 70% potensi lolos sangat besar.

Video Cara Melihat Daya Tampung SNMPTN 2022: Sidata LTMPT SNMPTN

Copy URL dan bagikan ke temanmu.
Project SOAL-SOAL PK UTBK dari UTBKCAK ini merupakan inisasi dari kami untuk membantu kalian dalam hal memulai belajar PK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Informasi

AMUNISI UTBK

Dapatkan kumpulan soal-soal latihan untuk drilling menuju UTBK 2024 sukses.

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.