,

Tips Belajar UTBK Lintas Jurusan (Linjur)

Tips Belajar UTBK Lintas Jurusan

Bisa gak ya belajar UTBK untuk aku yang pengen dan berencana lintas jurusan di SBMPTN tahun depan ini? kok kayaknya berat banget sih?

Banyak yang berfikiran seperti itu dan alhasil semuanya yang menjadi harapan hanya bisa menjadi sebuah impian saja karena belum apa-apa sudah takut duluan dan menganggap dirinya tidak bisa.

Belajar UTBK lintas jurusan memang butuh kerja keras dan komitmen yang kuat. Namun, bukan hal yang mustahil kok buat belajar dari nol dan bersaing dengan peserta yang murni berasal dari jurusan tersebut. Berikut ini aku akan bahas bagaimana caranya dan tips belajar UTBK untuk yang lintas jurusan di SBMPTN 2022 nanti.

1. Belajar Bertahap

Buat kamu yang ingin lintas jurusan pasti bingung kan. Aku harus mulai darimana belajarnya? dan aku ingin banget bisa kuliah di jurusan yang aku inginkan namun terhalang aku anaknya males dan malah salah jurusan waktu SMA. Kenapa sih bisa gini?

Keluh kesah yang banyak banget dirasakan. Sebenarnya, cara pertama yang harus dilakukan adalah yakin dan niat mau belajar dari awal (nol) sebab kita akan ngebut buat belajar materi yang tidak pernah kita pelajari sebelumnya. Ya, belajar sih mungkin tipis-tipis aja ya.

Pertama pelajari deh mulai dasarnya, misalnya apa sih ilmu fisika itu? apa sih hakikat ilmu ekonomi? dan hal-hal dasar mengapa kamu harus mempelajarinya. Baru deh, setelah itu baca saja bab-bab yang ada di dalam pelajaran tersebut seperti apa.

Kenapa kok mulai dari hal sesimpel ini? biar kamu punya ekspektasi apa aja yang kira-kira akan dipelajari dan pastinya akan mudah banget buat memecah hal susah jika sudah tau dasarnya.

2. Fokus di pelajaran tertentu dahulu

Ingat! kamu mempelajari dari awal materi yang belum pernah kamu pelajari. Hal yang paling utama disini adalah jadilah orang yang “benar-benar tidak tau” supaya kamu bisa mencari tau lebih dalam dan lebih kepo pastinya.

Kedua, pastikan kamu tidak mempelajari secara random. Pastikan terjadwal belajarmu. Cara belajar yang paling aku saranin adalah dengan cara fokus pada 1-2 pelajaran tertentu setiap minggunya.

Cara otak memahami dan menghafal yaitu dengan cara mengulang-ngulang materi yang sama sampai ia tertanan di dalam otak. Kadang kita mau menghafal nama teman kita yang baru kenal harus berinteraksi berkali-kali biar gak lupa di lain hari bukan?

Belajar hal baru juga seperti itu. Jadi usahakan jangan gonta-ganti pelajaran kalau belum paham ya. Misalkan minggu ini khusus Ekonomi untuk semester 1 kelas 10. Minggu depan khusus sosiologi semester 1 kelas 10 saja, dan seterusnya begitu. Kalau belum paham ulangi lagi sampai paham.

3. Latihan Soal Per Bab

Nah, setelah semuanya sudah selesai. Latihlah dirimu dengan latihan soal. Nah, kenapa sih kok harus latihan soal itu penting?

Ingat, UTBK itu mengerjakan soal-soal dan kamu harus bisa menjawab soal tersebut. Maka, pastikan kamu menguji dirimu dengan soal-soal. Oh iya, saranku sih latihan soalnya per bab ya. Semakin banyak akan semakin baik dan semakin bisa membuatmu makin ahli di mata pelajaran tersebut.

Gimana? masih berat?

Kalau belum dicoba sih bakal berat sih. Hehe. Aksi Nyata.

Baca artikel penting lainnya:

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!