Hakikat dan Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

ciri ciri sosiologi

Apa sih konsep dan pengertian sosiologi itu? Berdasarkan bahasa, Sosiologi terusun dari dua kata yaitu Socius yang artinya kawan dan logos artinya ilmu dalam bahasa Yunani. Nah, dari sini kita dapat tau bahwa secara umum sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perkawanan manusia.

Lebih jelas dan lengkap lagi, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antar manusia di muka bumi ini mulai dari gejala yan muncul, cara berfikir, bertindah bahkan sistem masyarakat yang terbentuk hingga saat ini.

Biar kalian gak mengartikan sosiologi dari segi satu sudut pandang, ini ada beberapa pendapat para ahli tentang pengertian atau definisi sosiologi itu sendiri.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

1. AUGUSTE COMTE

Pertama menurut pendapat paling terkenal yaitu Auguste Comte. Pengertian sosiologi menurut Auguste Comte adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.

2. MAX WEBER

Menurut Max, pengertian sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang tindakan sosial atau perilaku-perilaku manusia

3. EMILE DURKHEIM

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari fakta-fakta social yaitu fakta-fakta atau kenyataan yang berisikan cara bertindak, cara perpikir dan cara merasakan sesuatu.

4. RAOUCEK & WARREN

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok sosial terutama sosial masyarakat.

5. SELO SOEMARDJAN & SOELAEMAN SOEMARDI

Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

6. Pitirim Sorokin

Menurut Pitirim Sorokin, sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik dan lain sebagainya.

7. P. J. Bouwman

Sangat sederhana, menurutnya sosiologi adalah ilmu masyarakat secara umum.

Hakikat Sosiologi

Memangnya dengan mempelajari sosiologi, sebenarnya hakikat ilmu sosiologi itu apa sih?

  1. Sosiologi adalah ilmu sosial.
  2. Sosiologi bukan merupakan disiplin yang normatif, tetapi kategoris. Sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi, bukan apa yang seharusnya terjadi.
  3. Sosiologi merupakan ilmu murni bukan ilmu terapan.
  4. Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola umum dari interaksi antar manusia, serta sifat, bentuk, isi dan struktur masyarakat manusia yang diamanti dan terjadi.
  5. Sosiologi adalah ilmu pengetahua empirik dan rasional.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum (mempelajari gejala umum pada setiap interaksi antar manusia.

Nah, banyak kan hakikat ilmu sosiologi itu sendiri.

Objek Kajian Sosiologi

Berikut ini objek yang dijadikan kajian dalam ilmu sosiologi.

A. individu

Tokohnya George Simmel, yang memandang masyarakat dari sudut individu; kesatuan kelompok itu asalnya semata-mata dari kesatuan dari manusia-manusia individu. George Simmel menitik beratkan pada daya pengaruh mempengaruhi antara individu-individu yang menjadi sumber segala pembentukan kelompok.

B. Masyarakat

Objek kajian yang kedua adalah masyarakat atau kelompok manusia merupakan satu-satunya objek sosiologi. Dalam peristiwa sejarah, individu adalah pasif di mana kehidupan kerokhaniannya ditentukan oleh kehendak masyarakat. Perhatian Ludwik terutama dicurahkan pada perjuangan antara golongan-golongan.

C. Realitas sosial

Objek kajian yang ketiga ialah realitas sosial. Pandangan yang individualistis dan kolektivistis tersebut di atas itu biasanya dipandang sebagai berat sebelah, karena itu pandangan ketiga ini ingin menjauhi kelemahan itu. Pandangan ini melihat kehidupan sosial dari sudut saling mempengaruhi dan bersikap tidak memihak terhadap pertentangan antara kedua faham tersebut.

Ciri-Ciri Sosiologi

  1. Sosiologi termasuk kelompok ilmu sosial. Maksudnya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari peristiwa/gejala sosial.
  2. Sosiologi bersifat kategoris (deskriptif), tidak normative, artinya bahwa sosiologi membicarakan objeknya secara apa adanya.
  3. Sosiologi termasuk ilmu murni (pure science), bahwa sosiologi bukan ilmu praktis, artinya tujuan penelitian ilmu sosiologi semata-mata demi perkembangan ilmu itu sendiri, bukan untuk kepentingan kehidupan praktis.
  4. Sosiologi bersifat generalis (nometetis), sosiologi meneliti prinsip-prinsip umum saling hubungan manusia, bukan ideografis, yakni meneliti secara khusus peristiwa demi peristiwa.
  5. Sosiologi bersifat abstrak, hampir sama dengan generalis, perbedaan terletak pada penekanannya, yaitu pada wujud kesatuan yang bersifat umum atau terpisah-pisah.
  6. Sosiologi bersifat rasional sekaligus empiris, artinya menyandarkan pada pemikiran logika sekaligus berdasarkan fakta/kenyataan yang ada dalam masyarakat.
  7. Sosiologi merupakan ilmu yang umum (general), artinya sosiologi mempelajari gejala umum yang ada pada setiap interaksi manusia, bukan mempelajari ilmu dengan gejala khusus.

Nah itu dia, penjelasan lengkap terkait dengan ilmu sosiologi ya. Semoga bermanfaat dan semakin suka dengan ilmu dan materi sosiologi kedepannya.

Baca artikel terbaik lainnya:

Referensi utama

  • https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3007/Sosiologi.pdf
Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.

Manfaat Ilmu Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat biologi tersebar luas di berbagai bidang kehidupan kita, seperti kedokteran, farmasi, teknologi pangan, peternakan, pertanian, lingkungan, dan industri.