,

Manfaat Belajar Sosiologi

manfaat belajar sosiologi

Manfaat Belajar Sosiologi – Akhir-akhir ini beriringan dengan perkembangan zaman, ilmu sosiologi banyak sekali dipelajari bahkan oleh orang-orang yang tidak kuliah di jurusan tersebut. Bahkan sampai-sampai, jurusan sosiologi menjadi trend lagi tahun ini karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan, dunia kerja, bahkan juga dunia masyarakat.

Sebelum itu, kenalan yuk dengan ilmu sosiologi itu sendiri.

Apa itu Sosiologi?

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan interaksinya. Bukan hanya manusia sebagai individu dengan dirinya sendiri tetapi lebih luas lagi yaitu interkasi manusia dengan alam dan juga manusia lainnya.

Dalam sosiologi, mulai sebab akibat dipalajari. Dengan begitu, banyak sekali masalah atau hal unik masyarakat yang mungkin belum kita ketahui dan bisa kita selesaikan dengan mempelajari hal unik tersebut.

Manfaat Belajar Sosiologi

Kemudian, apa sih manfaat kita mempelajari sosiologi itu?

  1. Manfaat belajar sosiologi akan membantu kamu memperoleh pengetahuan mengenai beragam bentuk interaksi sosial yang ada di dalam masyarakat baik itu antar-individu, antar-kelompok bahkan antar-individu dengan kelompok. Banyak bukan? hehe.
  2. Dengan mempelajari Ilmu Sosiologi, kamu akan membantu seseorang mengendalikan perilaku sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara.
  3. Manfaat belajar ilmu sosiologi selanjutnya adalah dapat membantu seseorang lebih memahami norma, tradisi, keyakinan dan juga nilai nilai yang dianut oleh masyarakat dan juga membantu memahami perbedaan yang ada di dalamnya.
  4. Manfaat belajar sosiologi terakhir adalah dapat membuat seseorang khususnya generasi penerus bangsa supaya lebih tanggap, kritis juga rasional dalam menghadapi gejala sosial yang kompleks dalam masyarakat.

Pemahaman yang baik akan membuat seseorang mampu mengambil sikap juga tindakan yang tepat dan akurat. Betapa luasnya ilmu sosiologi ini dan pastinya sangat dibutuhkan oleh semuanya. Biasanya bagi perusahaan sangat dibutuhkan untuk membentuk budaya organisasi atau CSR.

Disisi lainnya, di masyarakat kamu bisa menerapkan ilmu yang didapatkan untuk membuat masyarakat yang aktif dalam sosial dalam keunikan masing-masing.

Baca artikel terkait

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!