,

3 Paradigma Sosiologi: Arti & Penjelasan

Kali ini kita akan mengulas tentang ilmu sosiologi, yaitu tentang pengertian dan jenis-jenis kategori paradigma sosiologi secara lengkap.
pengertian paradigma sosiologi

Kali ini kita akan mengulas tentang ilmu sosiologi yang didalamnya mengulas tentang paradigma sosiologi. Nah, sebenarnya apa sih paradigma sosiologi itu sendiri dan apa saja jenisnya? mari kita pelajari.

Paradigma sosiologi dapat diartikel sebaga ‘cara pandang’ dalam melihat persoalan atau fenomena sosial yang sedang terjadi dalam masyarakat sosial. Istilah paradigma diawali dan dikenalkan oleh seorang ilmuan, yaitu Thomas Kuhn (1962) dalam sebuah karya yang berjudul ‘The Structure of Scientific Revolution’.

Pengertian Paradigma

Pertama mari kita kenalan yang namanya paradigma. Paradigma secara umum adalah suatu pandangan (cara pandang atau memandang sesuatu) pokok mengenai persoalan yang dipelajari oleh ilmu pengetahuan. Secara sederhana, paradigma juga bisa dipahami sebagai ‘cara pandang’ ilmuwan dalam melihat suatu persoalan.

Pertama kalinya, konsep yang membahas tentang paradigma ini dipopulerkan dalam ilmu sosiologi oleh Robert Friedrichs (1970) melalui karyanya bertajuk ‘Sociology of Sociology’.

Dalam bukunya ‘Sociology: A Multiple Paradigm Science’, George Ritzer memaparkan tiga paradigma sosiologi sebagai ilmu sosial, yakni paradigma fakta sosial, definisi sosial dan perilaku sosial. Didalam buku itu, Ritzer secara mendetail menulis apa saja paradigma yang ada dalam sosiolog.

Nah, dengan adanya itu paradigma sosial dibagi menjadi tiga dan ketiga paradigma tersebut menegaskan bahwa sosiologi bukanlah ilmu yang berpandangan tunggal terhadap suatu pokok persoalan. Sosiologi adalah ilmu berparadigma multiple (banyak). Mari kita ulas satu per satu.

1. Fakta sosial

Pertama kita mengulas tentang paradigma fakta sosial. Definisi paradigma fakta sosial adalah cara pandang yang meletakkan fakta sosial sebagai sesuatu yang nyata ada di luar individu, di luar diri sendiri, di luar subjek. Penekanan lebihnya yaitu pada fakta sosial memiliki realitasnya sendiri. Garis besar paradigma ini terbagi menjadi dua, yaitu struktur sosial dan institusi sosial.

A. Struktur sosial, yang dapat dicontohkan seperti kelas, kasta dan strata sosial
B. Institusi sosial misalnya, nilai, norma, peran dan posisi sosial.

Sosiolog yang mewakili teori struktural-fungsional dan teori konflik dikategorikan oleh Ritzer ke dalam paradigma ini antara lain Durkheim dan Marx

2. Definisi sosial

Kedua ada yang namanya paradigma definisi sosial. Paradigma definisi sosial merupakan sebuah cara pandang yang mengedepankan bahwa realitas sosial ini bersifat subjektif. Keberadaan realitas sosial tidak lepas dari individu sebagai aktor yang melakukan suatu tindakan.

Secara tidak langsung, interaksi individu membentuk sebuah struktur sosial dan institusi sosial. Melalui paradigma ini, tindakan sosial berusaha untuk dipahami dan diinterpretasikan secara subjektif. Teori yang termasuk dalam kategori ini antara lain, teori tindakan Weber, teori interaksionisme simbolik, dramaturgi dan fenomenologi

3. Paradigma perilaku sosial

Dan yang terakhir masalah paradigma perilaku sosial. Paradigma perilaku sosial merupakan cara pandang yang memusatkan perhatiannya pada hubungan antara individu dengan lingkungannya. Realitas sosial merupakan realitas objektif yang dibentuk melalui perilaku-perilaku individu yang nyata dan empiris.

Tingkah laku masing-masing individu yang berinteraksi dengan lingkungannya merupakan bentuk dari realitas sosial itu sendiri. Teori perilaku atau behavioral dan teori pertukaran sosial Homans dan Blau dapat dikategorikan ke dalam paradigma ini.

Nah itu saja penjelasan dan pembahasan terkait materi paradigma sosiologi. Semoga penjelasan diatas dapat mudah dipaham demi untuk membuat ilmu-ilmu pengetahuan semakin bermanfaat dan bisa semakin berkembang lebih pesat lagi.

Buat kamu yang ingin belajar tentang sosiologi lebih lengkap lagi, silakan lihat pada kategori Materi Sosiologi dan beberapa materi berikut ini.

Contents

Share

Dapatkan materi dan soal-soal UTBK paling lengkap di Karyakarsa UTBKCAK!

Artikel Terkait

Selamat Berjuang dan Lolos di Kampus Impian!