Tutorial Cara Registrasi Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

 Artikel ini membahas secara lengkap tutorial cara mendaftar atau registrasi akun LTMPT 2021 untuk daftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021.

Sebelum mendaftar seleksi SNMPTN dan UTBK – SBMPTN 2021, kita sebagai peserta harus memiliki akun LTMPT supaya bisa mendaftar jalur seleksi diatas. Akun LTMPT berisi informasi atau biodata umum tentang siswa yang diambil dari data dapodik siswa.

Cek NISN dan NPSN

Hal yang diperlukan untuk mendaftar akun LTMPT 2021 nanti adalah NISN, NPSN sekolah, dan Tanggal lahir peserta. Hati-hati, pastikan sebelum mendaftar, data NISN kalian sudah benar terkait dengan nama, tanggal lahir, nama ibu kandung dan jenis kelamin. Bagaimana cara cek NISN kita secara online?

Baca tutorial disertai gambar : Cara Cek NISN Siswa dan NPSN Sekolah

Jika sudah benar kita masuk pada proses pendaftaran akun LTMPT 2021.

Pendaftaran akun LTMPT untuk peserta SNMPTN dimulai tanggal 4 Januari 2021 PUKUL 15.00 WIB

Portal LTMPT

Pertama, silakan kalian akses laman https://portal.ltmpt.ac.id

Klik Daftar

setelah itu, akan ditampilkan laman login akun LTMPT, nah tugas kita karena belum memiliki akun LTMPT maka silakan klik tulisan biru “Daftar di sini” seperti gambar dibawah ini.

Daftar Akun LTMPT 2021

Pilih Siswa

Kemudian akan muncul pilihan untuk Sekolah dan Siswa. Bagi siswa, silakan klik Siswa.

Panduan Registrasi LTMPT bagi siswa


Isi Data Pendaftaran

Isilah data pendaftaran yang diperlukan, yaitu NISN siswa, NPSN Sekolah, dan Tanggal lahir peserta. Setelah itu klik “selanjutnya”, untuk melanjutkan proses pendaftaran (bisa lihat gambar dibawah ini).

NISN dan NPSN - Daftar Akun LTMPT 2021
Untuk format tanggal lahir, yaitu dd/mm/yyyy. Jika lahir pada 1 januari 2003 maka 01/01/2003

Masalah yang Muncul Saat Regastrasi

Isian Registrasi Tidak Sesuai

Jika saat registrasi muncul notifikasi Isian Registrasi tidak sesuai , hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaksamaan data yang kalian input dengan data di dapodik.

Isian Registrasi Tidak Sesuai : Tanya UTBK

Solusinya adalah dengan menanyakan kepada pihak SMA/SMK/MA kalian (kepada TU/BK) sebenarnya data kalian sudah terdaftar di dapodik sebagai siswa SMA/SMK/MA tersebut atau belum. Kedua, tanyakan terkait NISN dan Tanggal Lahir yang dimasukkan di dapodik oleh sekolah sudah benar atau belum.

Bisa jadi di dapodik NISN yang dimasukkan berbeda dengan NISN yang akan kalian daftarkan ke LTMPT. Lebih baik tanyakan saja. 

Misalkan kamu daftar menggunakan NISN SMP eh ternyata yang di dapodik memakai NISN baru yang kamu sendiri tidak tau kalau punya yang baru.

Terjadi Kesalahan dengan Api Emis Kemenag

Terjadinya kesalahan data EMIS ini karena data EMIS yang belum sinkronisasi dengan data dapodik, sedangkan data yang digunakan untuk mendaftar LTMPT 2021 adalah data dapodik. Langkah yang paling benar adalah dengan lapor pihak sekolah supaya sekolah segera mengurusnya (pasti tau prosesnya). Nantinya, diharapkan pertengan bulan sudah selesai dan bisa daftar akun ya.

Terjadi kesalahan dengan Api Emis Kemenag

Sistem Masih Sinkronisasi LTMPT

Nah masalah paling sering ketika registrasi akun ltmpt baru dibuka dan nanti akan mepet-mepet ditutup adalah website sering tidak bisa diakses (server down). Hal ini karena masalah banyak yang akses pada waktu yang sama.

Sistem masih sinkronisasi ltmpt

Padahal, panitia LTMPT 2021 sudah memberikan rentang waktu yang panjang untuk proses regitrasi ini. Jadi, jangan buru-buru dan jangan juga mepet-mepet. Waktu pendaftaran tahun 2021 untuk gelombang 1 ini hampir sebulan, yaitu mulai tanggal 04 Januari 2021 sampai dengan 01 Februari 2021. Jadi manfaatkan baik-baik ya.

Cek Biodata

Setelah klik selanjutnya, proses daftar akun LTMPT 2021 yaitu dengan melihat apakah data yang ditampilkan sudah benar atau belum. Ingat! data ini diambil dari data NISN siswa di dapodik. Apabila ada kesalahan silakan lapor sekolah untuk membenarkan data NISN tersebut ya.

Biodata - Daftar Akun LTMPT 2021

Email dan Password

Gulirkan (scroll) ke bawah maka akan muncul perintah untuk mengisikan alamat email dan password untuk keperluan nanti saat login akun LTMPT.

Perhatikan!

  1. Pastikan email kalian memakai gmail.com supaya lebih mudah.
  2. Catat email dan password email di kertas atau catatatn supaya tidak lupa dilain waktu.
  3. Masukkan email kedalam form pendaftaran LTMPT dengan benar (tidak salah ketik / typo).
  4. Masukkan password (gunakan password yang mudah diingat dan catat pada buku/catatan supaya tidak hilang atau lupa password).
Email dan Password - Cara daftar akun LTMPT 2021

Jika sudah dimasukkan dan dipastikan benar tidak salah ketik, maka centang pernyataan “Saya menyatakan bahwa data di laman ini adalah benar data milik saya.” 

Kemudian klik “DAFTAR”

Terdaftar

Selamat akun anda sudah terdaftar. Tetapi setelah ini perlu adanya aktivasi untuk mengaktifkan akun LTMPT kalian.

Aktivasi - Cara daftar akun LTMPT 2021

Klik kembali dan cek e-mail kalian.

Aktivasi akun LTMPT

Proses aktivasi akun LTMPT dilakukan melalui e-mail yang sudah dimasukkan waktu pendaftaran. Silakan login  email dan cek pesan dari LTMPT di INBOX atau SPAM.

Jika sudah maka akan ada tampilan seperti berikut ini dan klik AKTIVASI AKUN.

Aktivasi - Cara daftar akun LTMPT 2021

Login

Akun anda sudah diaktivasi, silakan login ulang di laman Portal LTMPT dan login menggunakan e-mail dan password yang sudah didaftarkan tadi.

Jangan sampai lupa email dan passwordnya ya.

Login akun LTMPT 2021

Isi Data Lain

Setelah login, maka nanti akan mengisi beberapa data mulai dari Foto Akun LTMPT, alamat, dan lainnya yang masih banyak lagi. 

Persiapkan pas foto sesuai aturan LTMPT, jangan asal kalau nggak pengen gagal karena masalah sepele. Baca saja biar jelas Contoh, Syarat, dan Ketentuan Foto LTMPT 2021

Pengisian Biodata

Isilah data-data dengan hati-hati dan pastikan benar ya.

Apakah Akun LTMPT dan SBMPTN Sama?

Iyaps. Jadi intinya yang namanya Single Sign-on (SSO) adalah dengan satu akun bisa mendaftar jalur yang dibawahi oleh LTMPT. Jadi nanti akun LTMPT digunakan untuk Mendaftar SNMTN, Mendftar UTBK dan SBMPTN 2021.

Bagi kalian yang angkatan 2021, jika nanti lolos SNMPTN maka otomatis tidak bisa daftar UTBK – SBMPTN 2021. Nah, tetapi jika tidak lolos atau bahkan sudah sejak awal tidak eligible di SNMPTN. Maka akun LTMPT tersebutlah yang nanti digunakan untuk mendaftar UTBK – SBMPTN 2021 sesuai jadwal ya.

Cara Daftar UTBK untuk gap year 2021

Bagi gapyaer yang sudah memiliki akun LTMPT 2021, maka tidak perlu membuat lagi dan bisa dipakai tahun 2021 ini dengan login saja. Bagi MA lulusan 2019 dan 2020 membuat akun baru.

Semoga bermanfaat ya, bagikan jika bermanfaat!

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

12 Tanggapan

  1. Sama-sama semoga tutorial registrasi akun ltmpt 2021 ini bermanfaat ya. Oh iya, untuk lebih validnya menunggu tanggal 4 Januari 2021 pukul 15.00 WIB ya.

  2. misalkan sudah aktivasi akun. terus login lagi + isi data yang lain itu beberapa hari/seminggu setelah aktivasi akun tadi. itu gapapa kak? soalnya belum nyiapin biat fotonya

  3. Tidak masalah. Daftar dulu, isi datanya nanti tidak masalah. Yang penting, bagi lulusan 2021 yang mau ikut SNMPTN sebelum tanggal 01 Februari 2021 sudah simpan permanen akun ya.

  4. Kak..jika data nama di NISN masih salah, pihak skolah masih brusaha mmbenarkan, tapi tidak keburu katanya ..karena ada 2 rbuan data yang harus d validkan, bgaimana solusi daftar akun LTMPT nya?

  5. Kak..jika data nama di NISN masih salah, pihak skolah masih brusaha mmbenarkan, tapi tidak keburu katanya ..karena ada 2 rbuan data yang harus d validkan, bgaimana solusi daftar akun LTMPT nya?

  6. Kak akun kan udh bikin akun ltmpt terus pas mau klik utbksbmptn itu gangguan terus servernya error pdhl udh 4 hari tapi ga bisaa terus, itu knp yah kak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.