5 Persiapan Penting untuk Bisa Lolos SNMPTN

persiapan-untuk-bisa-lolos-snmptn.jpg
Ilustrasi tentang 5 Persiapan Penting untuk Bisa Lolos SNMPTN
persiapan-untuk-bisa-lolos-snmptn.jpg
Ilustrasi tentang 5 Persiapan Penting untuk Bisa Lolos SNMPTN

Artikel ini bakal membahas lengkap mengenai persiapan penting apa saja yang harus disiapkan sejak dini bagi pelamar dan pendaftar SNMPTN 2022

SNMPTN merupakan seleksi yang katanya paling menenkankan pada “keberuntungan”. Padahal hal ini tidak benar lho. Mereka yang bilang begini karena biasanya putus asa aja karena gagal SNMPTN dan pastinya gak memperhatikan beberapa strategi biar bisa lolos.

Nah, sebelum mengikuti SNMPTN dan pendaftaran SNMPTN dimulai, ini hal yang perlu kamu siapkan supaya gak terlambat dan pastinya kamu bisa menyiapkannya jauh-jauh hari. Persiapan yang matang dan penuh perhitungan bakal memberikan hasil yang baik dan peluang yang besar.

Berikut ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Persiapkan untuk SNMPTN

Nilai Rapor

Pertama adalah dengan mempersiapkan nilai rapor semester 1 – 5. Penilaian SNMPTN hanya menggunakan nilai pada semester tersebut. Apabila kamu baru masuk kelas 12 semester 1, pastikan nilai pada semester 5 adalah nilai paling tinggi (supaya trend naik terus).

Mulai tulis dan petakan nilai-nilai mana saja yang selalu naik dan selalu turun selama 5 semester tersebut ya. Hal ini untuk menghitung peluangmu dan juga untuk menentukan jurusan yang memiliki peluang lolos tinggi melihat nilai rapormu.

Lolos Siswa Eligible

Kedua, syarat untuk bisa mendaftar SNMPTN adalah menjadi siswa eligible. Apa itu siswa eligible SNMPTN? secara umum, siswa eligible SNMPTN adalah siswa yang lolos perankingan secara paralel di sekolahnya dan masuk kedalam kuota per sekolah.

Jadi, setiap sekolahan memiliki kuota pendaftar SNMPTN yang berbeda-beda berdasarkan akreditasi sekolahnya. Berikut rinciannya.

  • Sekolah akreditasi A memiliki kuota 40%
  • Sekolah akreditasi B, memiliki kuota 25%
  • dan untuk akreditasi C dan lainnya memiliki kuota 5%.
Misalkan kamu dari sekolah SMA/SMK yang akreditasinya A dan jumlah siswanya 100. Maka kamu harus menjadi 40 terbaik di sekolah supaya bisa daftar SNMPTN.

Pilihan Jurusan (Prodi)

Setelah positif lolos seleksi siswa eligible selanjutnya adalah menentukan jurusan yang sesuai dengan dirimu. Masih bingung menentukan ? kamu bisa baca disini : Cara Cerdik Menentukan Jurusan yang Cocok untuk Kuliah.

Pastikan dalam memilih jurusan di SNMPTN tidak mementingkan ego. Kenapa? karena yang berbicara adalah nilai rapormu. Jadi, sesuaikan dengan nilai-nilai yang memiliki trend naik atau stagnan dan pastinya nilainya tinggi.

Sertifikat penunjang

Sertifikat penunjang ini sifatnya opsional sih cuman ini penting banget karena kebanyakan yang lolos juga memiliki SNMPTN. Tapi, ada banyak juga yang gak punya sertifikat kejuaraan juga lolos. Biasanya sih kalau kamu mendaftar di jurusan yang terkenal pendaftarnya banyak dan di PTN yang terkenal pasti sainganmu bakal juga tinggi-tinggi.

Oleh karena itu, sertifikat menjadi penting jika kamu menyasar jurusan yang seperti itu. Kalau kamu baca artikel ini saat masih kelas 12 semester awal, cari-cari dan ikut lomba dan pastikan kamu menang ya. Minimal punya 1 – 2 lah ya.

Sebelum lomba ketahui sertifikat yang bisa digunakan disini : 7 Sertifikat yang bisa dilampirkan di SNMPTN

Berdoa dan Restu Orang Tua

Paling terakhir adalah dengan selalu berdoa, berbuat baik, sedekah dan meminta restu orang tua. Kenapa? karena kamu cuma bertaruh nilai rapor saja untuk bisa lolos. Berbeda dengan UTBK yang masih bisa diusahakan dengan belajar dan tryout-tryout.

Namun, untuk SNMPTN ya hanya berserah kepada nilai rapor semester 1-5 mu saja yang sudah kamu jalani selama 2,5 tahun selama SMA.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa kamu persiapkan sejak dini.

Artikel terkait lainnya:

2 pemikiran pada “5 Persiapan Penting untuk Bisa Lolos SNMPTN”

Tinggalkan komentar

Bagikan Artikel Ini