12 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Perempuan

Buat perempuan, wajib baca nih rekomendasi jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan perempuan setelah lulus kuliah dan kerja.
Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Perempuan

Berikut adalah daftar jurusan kuliah IPA yang cocok untuk perempuan dan menawarkan prospek karier yang luas.

Berikut Daftar Jurusan Kuliah IPA untuk Perempuan

1. Jurusan Biologi Murni

Jurusan ini membutuhkan ketelitian tinggi dan tidak banyak aktivitas fisik berat bagi perempuan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti penelitian, pengembangan produk, dan konservasi lingkungan.

2. Jurusan Statistika

Perempuan memiliki sifat rinci yang sangat tinggi pada beberapa hal. Karena sifat ini, maka jurusan statistika cocok bagi mereka. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti keuangan, pemasaran, dan riset pasar.

3. Jurusan Teknik Kimia

Teknik Kimia bisa menjadi jurusan IPA terbaik bagi para perempuan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti industri makanan, farmasi, dan energi.

4. Jurusan Perawat

Keahlian perawat yang paling utama adalah sigap, penuh perhatian, cepat memahami kondisi dan kebanyakan para perempuan ahli dalam hal ini. Karena itu jurusan IPA seperti perawat cocok bagi mahasiswa. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

5. Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan
Jurusan Teknologi Pangan

Kebutuhan pekerja di bidang teknologi pangan sangat besar. Karena itu jurusan IPA ini sangat cocok bagi kamu yang mencari kesempatan berkarier secara tinggi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pengolahan makanan, pengawasan mutu, dan penelitian.

Kalau di Indonesia yang paling terkenal jurusan Pangan ini ada di IPB, UGM, UB, Unpad dan UNAND. Selain kelima kampus tersebut, juga masih banyak sekali kok kampus lain yang menyediakan jurusan ini.

6. Jurusan Kedokteran

Sudah bukan rahasia banyak dokter berjenis kelamin perempuan. Bahkan banyak pasien mengakui dokter perempuan bisa lembut dalam menangani pasien. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

Cuma untuk biaya harus diperhitungkan lagi ya apabila ingin masuk di jurusan ini. Kenapa? Sebab banyak sekali pengeluaran untuk masalah penunjang pendidikan.

Belum lagi masih banyak kegiatan praktik, coas, dan juga pemagangan sebelum menjadi seorang dokter beneran. Selain itu, waktu yang dibutuhkan menjadi dokter juga lumayan lama dibandingkan dengan jurusan lain. Akan tetapi, kalau ditanya masalah prospek kerja ya pasti banyak karena tidak semua orang bisa kuliah di jurusan ini.

7. Jurusan Farmasi

Jurusan IPA yang satu ini juga cocok bagi para perempuan. Terlebih, industri farmasi ke depan akan mengalami perubahan. Jadi, bersiaplah berkarier dengan cemerlang di masa depan dengan memilih jurusan yang sesuai. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti industri farmasi, penelitian, dan pengembangan produk.

Bahkan nih, sekarang banyak anak farmasi yang mulai masuk di obat-obatan herbal dan menjadi seorang pebisnis.

Selain itu, buat yang perempuan kalian juga bisa mulai mikirin tentang produk-produk kecantikan lho. Ini peluang besar selain kerja di industri farmasi, tetapi kalian juga bisa membuat sendiri industri kecantikan ini.

8. Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan Menjanjikan untuk Wanita
Jurusan Kebidanan Menjanjikan untuk Wanita

Jurusan ini cocok bagi perempuan yang ingin berkarier di bidang kesehatan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

Jurusan ini merupakan jurusan yang paling banyak dicari di segala penjuru Indonesia sebab memang masih terbatasnya jumlah bidan di Indonesia dibandingkan dengan lulusan perawat.

Oleh karena itu, pilihan tepat jika kalian memilih jurusan kebidanan ini untuk kuliah. Selain itu, kalau misal sudah jadi bidan, kamu bisa membuka klinik sendiri di rumah dengan izin-izin yang jelas sehingga tidak ragu lagi untuk masa depan perempuan.

9. Jurusan Perencanaan Wilayah Kota (PWK)

Jurusan ini cocok bagi perempuan yang ingin berkarier di bidang perencanaan kota. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pemerintahan, swasta, dan LSM.

Biasanya PWK ini sangat banyak kaitannya dengan jurusan teknik sipil sebab memang PWK ini fokus ke bagian perencanaan sih.

10. Jurusan Agroteknologi

Jurusan ini cocok bagi perempuan yang ingin berkarier di bidang pertanian. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti perusahaan pertanian, penelitian, dan pengembangan produk.

11. Jurusan Matematika Murni

Jurusan ini cocok bagi perempuan yang memiliki kemampuan matematika yang baik. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti riset, keuangan, dan teknologi.

12. Jurusan Arsitektur

Jurusan ini cocok bagi perempuan yang memiliki ketertarikan pada desain dan rancang bangunan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, seperti arsitektur, konstruksi, dan properti.

Gimana? Jangan sampai cita-citamu rapuh karena bingung memilih jurusan. Bahkan selain 12 jurusan di atas, masih banyak lagi jurusan yang lain dan bahkan baru. Jadi, ya banyak pilihan untuk masa depan yang lebih baik lagi. Kalau belum yakin lagi, coba baca ini deh: Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.