Manfaat Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat biologi tersebar luas di berbagai bidang kehidupan kita, seperti kedokteran, farmasi, teknologi pangan, peternakan, pertanian, lingkungan, dan industri.
Manfaat Ilmu Biologi di Berbagai Bidang

Manfaat biologi tersebar luas di berbagai bidang kehidupan kita, seperti kedokteran, farmasi, teknologi pangan, peternakan, pertanian, lingkungan, dan industri. Dalam artikel ini, kita akan bahas ini secara khusus dan lengkap masing-masing bidangnya.

Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran dan Kesehatan

Ilmu biologi diterapkan dalam bidang kedokteran, seperti dalam transplantasi organ, program bayi tabung untuk pasangan sulit memiliki anak, serta teknologi PCR yang mendeteksi virus Corona dalam tubuh manusia.

Jurusan yang relevan yang mendalami keilmuan ini antara lain, jurusan Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Biomedis, Biologi Kedokteran, atau Ilmu Kesehatan.

Manfaat Biologi di Bidang Farmasi

Biologi memainkan peran besar dalam produksi obat-obatan, dari penggunaan rekayasa genetika untuk membuat insulin sintetis hingga pembuatan vaksin dari virus yang dilemahkan. Bahkan, tumbuh-tumbuhan obat digunakan untuk meracik jamu tradisional.

Jurusan Farmasi merupakan pilihan yang tepat apabila ingin mengkaji manfaat biologi dibidang ini dan memang bidangnya sangat luas sekali di dalamnya.

Selain itu, jurusan seperti Biokimia atau Kimia Farmasi juga dapat relevan dengan industri farmasi.

Manfaat Biologi di Bidang Teknologi Pangan

Proses fermentasi di Bidang Teknologi Pangan
Proses fermentasi di Bidang Teknologi Pangan

Fermentasi, seperti dalam pembuatan tempe, meningkatkan nilai gizi produk pangan. Fermentasi juga digunakan dalam membuat yoghurt, keju, sosis, dan nata de coco dari bahan-bahan seperti susu, daging, dan air kelapa.

Jurusan Teknologi Pangan atau Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan pilihan yang sesuai. Selain itu, Mikrobiologi Pangan juga dapat memberikan landasan yang kuat dalam memahami proses fermentasi.

Manfaat Biologi di Bidang Peternakan

Inseminasi buatan atau kawin suntik adalah salah satu contoh penerapan biologi di peternakan. Proses ini memungkinkan pembuahan tanpa perlu pertemuan langsung antara hewan jantan dan betina. Jurusan Peternakan atau Ilmu Peternakan. Nanti di dalamnya, bakal banyak cabang ilmu lagi yang dipelajari.

Manfaat Biologi di Bidang Pertanian

Pemanfaatan biologi dalam pertanian mencakup penggunaan tanaman transgenik, yang diberi gen dari organisme lain untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan tanaman terhadap hama. Apabila ingin mengkaji lebih dalam, kamu bisa kuliah di Jurusan Pertanian, Ilmu Tanah, atau Agronomi.

Manfaat Biologi di Bidang Lingkungan

Bidang Lingkungan

Mikroba dapat membantu dalam bioremediasi, proses penguraian limbah di perairan atau plastik dengan bantuan enzim dari bakteri tertentu, disebut sebagai biodegradasi.

Jurusan Ilmu Lingkungan, Biologi Lingkungan, atau Biokimia Lingkungan merupakan bidang yang mengurusi dan mengkaji masalah lingkungan yang berkaitan dengan biologi.

Manfaat Ilmu Biologi di Bidang Industri

Dalam industri, biologi dimanfaatkan dalam pembuatan kain sutra, dimana ulat membentuk kepompong yang kemudian diurai menjadi benang yang digunakan untuk kain sutra. Proses ini merupakan salah satu contoh penerapan biologi dalam industri tekstil.

Di Bidang industri bukan hanya berkaitan dengan tekstil saja ya, banyak banget mulai dari industri kimia sampai industri rumahan seperti pabrik tahu. Limbah-limbahnya juga perlu dikaji dari sisi biologi.

Kalau membahas manfaat ilmu itu memang banyak banget, apalagi biologi yang merupakan ilmu hidup. Jadi, kalian bisa perluas lagi sesuai bidang yang ingin kalian gali lagi ya. Semoga materi biologi ini bisa bermanfaat dan mudah dipahami.

Ada lebih dari 10 paket soal yang bisa kamu kerjakan dan tersusun rapi setiap bab materi di PU UTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Kamu Butuh Ini Juga

Berikut artikel yang terkait dengan artikel di atas.